oleh

Bawaslu Parmout Rakor Stakeholder PilGub 2020

SULTENG RAYA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama stakeholder Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020 di salah satu hotel di Parigi, Rabu (24/11/2020).

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Parmout, H Badrun Nggai, SE.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, tujuan rakor tersebut adalah untuk menyamakan persepsi terkait Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Parmout yakni mewujudkan pemilihan yang demokratis, serta perilaku yang proaktif dari pilkada demokrasi melalui pengawasan partisipatif.

Wabup berharap, rakor tersebut dapat menjadi sarana bertukar informasi terkait regulasi pemilihan kepala daerah agar pelaksanaanya berjalan lancar dan memastikan terselenggara dengan aman, damai dan berkualitas.

Baca Juga :   Kepala BKPSDM Parmout Akui Keliru Lakukan Pergeseran Pejabat

Wabup juga menyampaikan, Kabupaten Parmout terus berupaya meningkatkan jiwa netralitas para Pegawai Negri Sipil (PNS) agar tidak terlibat atau mengikuti sertakan diri mengorasikan paslon yang di dukung dalam kampanye.

“Apabila terdapat PNS terlibat dalam kampanye maka pihak Bawaslu akan bertindak tegas. Saya selaku kepala daerah senantiasa mengimbau kepada aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong untuk bersikap netral dan tidak berpihak kepada kepentingan manapun,” ujar Wabup.

Sementara itu Ketua Bawaslu Parmout, Muhammad Rizal dalam laporannya mengatakan,  kegiatan tersebut dilaksanakan  berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengawasan Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa pada Tahapan Serentak Lanjutan di masa Bencana Non Alam Covid 19 dalam rangka Pilkada tahun 2020.

Baca Juga :   Mobil Ambulans GKST Maoti Berubah Jadi Minibus

“Pengawas dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu tentu saja membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat dengan harapan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan luber jurdil (langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil), dan demokratis,” ujar Muhammad Rizal.

Turut dadir dalam rakor itu komisioner KPU Parmout unsur Forkompimda,  Ormas,  LSM,  pers,  tokoh adat, organisasi pemuda,  pemilih pemula serta beberapa jajaran Panwascam terdekat sebagai peserta rakor. AJI

Komentar

News Feed