oleh

Build-Unismuh Palu, Besok Webiner Manajemen Infrastruktur Berbasis Kebencanaan

SULTENG RAYA- Building Universities in Leading Disaster Resilience (BUILD) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu akan mengadakan Webiner Nasional dengan mengangkat tema Sinergitas Manajemen Infrastruktur Berbasis Kebencanaan.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan besok, Sabtu (28/11/2020) via Zoom Meeting dengan menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Dr.  Rajindra, SE., MM (Rektor Unismuh Palu), Ir. H. Miftachul Munir, MT (Direktur Sistem dan Strategi jalan dan Jembatan Dirjen Binamarga), Ir. H. Iskandar Arsyad, M.Si (Kepala Dians PU Kota Palu), Dr. Ir. Tutang M.K, ST.,M.Si.IPM ASEAN Eng (Ketua Forum Dosen Indonesia DIS Prov.Sulteng/Dosen Fatek Untad).

Ketua Program BUILD Unismuh Palu, sekaligus Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Palu Dr. Sri Jumiati, berharap melalui kegiatan itu bisa menambah wawasan, baik kepada dosen maupun mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik Unismuh Palu melalui pertukaran informasi dan transfer pengetahuan oleh seluruh pemateri terkait aspek manajemen infrastruktur berbasis kebencanaan.

Baca Juga :   Peduli Bencana Sulbar, LSIP Salurkan Bantuan Korban Gempa Bumi Melalui Disdikbud Palu

Mengingat katanya, informasi seperti ini sangat berharga bagi mahasiswa dan dosen. “BUILD ingin menciptakan Center of Excellent (Pusat Keunggulan) di setiap universitas untuk mengintegrasikan peningkatan kapasitas ketahanan kebencanaan di tingkat individu,”ungkapnya. Kamis (26/11/2020).

Kata Sri, Webinar tersebut merupakan bagian dari kegiatan hibah BUILD yang terkait dengan sinergitas dengan instansi terkait dalam hal pemulihan  dan manajemen infrastruktur pasca bencana.

BUILD sendiri singkatan dari Building Universities in Leading Disaster Resilience (Membangun universitas-universitas dalam memimpin ketahanan kebencanaan). Proyek ini didanai oleh Erasmus (bentuk hibah dari pemerintah Uni Eropa di bidang pendidikan untuk negara-negara di luar Uni Eropa).

Universitas yang terlibat dalam konsorsium proyek BUILD sebanyak 12 universitas. 4 universitas dari negara Uni Eropa  yaitu Inggris selaku pimpinan proyek, Portugal, Denmark dan Austria. Dari Indonesia ada 8 universitas. 2 universitas dari Yoyakarta, Jakarta, Padang, Banjarmasin, Surabaya, Maluku Utara dan Unismuh Palu sendiri mewakili Pulau Sulawesi. Semua universitas tersebut mewakili wilayah-wilayah terdampak bencana.

Baca Juga :   Pagi Ini, IKAHUT Untad Salurkan Bantuan Logistik ke Sulbar

Lanjut Sri, kegiatan ini tidak hanya dikhususkan bagi para mahasiswa dan dosen, melainkan juga diharapkan partisipasi dari masyarakat luas untuk mengikuti webiner tersebut. “Dengan segala hormat, masyarakat luas juga kami harapkan ikut menjadi bagian dari peserta webiner ini, apalagi daerah kita adalah daerah rawan bencana, tentu sangat penting mendengar informasi dari para pemateri yang ahli dibidangnya masing-masing,”ujar Sri.

Katanya masyarakat dapat mendaftarakan diri di https://bit.ly/BUILD-UMP kegiatan ini sendiri akan dilangsungkan besok, Sabtu (28/11/2020) Pukul 10:00 Wita sampai selesai via Zoom Meeting.

Sementara itu, Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra mengatakan, sebagai daerah rawan bencana, sangat penting untuk mendapatkan informasi di webiner tersebut, apa lagi bukan hanya sekadar informasi melainkan juga bagian dari ilmu pengetahuan.

Baca Juga :   Implementasi Pendidikan Karakter, Peserta Didik SMPN 5 Palu Turut Berikan Bantuan Korban Bencana Sulbar

“Saya kira ini baik untuk diikuti oleh adik-adik mahasiswa, juga dosen, bahkan kalau ada yang mau ikut masyarakat luas, saya kira ini terbuka untuk umum, apalagi juga ada sertifikatnya,”ujar rektor. ENG

Komentar

News Feed