oleh

Seminar Demokrasi KPU Palu Bahas Soal Integritas

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Palu melaksanakan Seminar Demokrasi yang mengangkat tema “Menjaga Integritas Dalam Berdemokrasi Pada Era New Normal Pemilihan Serentak Tahun 2020,” di salah satu hotel Kota Palu, Rabu (25/11/2020).

Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid dalam sambutannya mengatakan, seminar tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait integritas agar tercipta pemilihan yang berkualitas.

Menurut Agus, ketika membahas soal integritas, hanya penyelenggara yang selalu menjadi sorotan. Padahal kata dia, untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas, peserta pemilihan juga harus berintegritas

“Untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas di era new normal pada masa pandemi Covid-19 ini merupakan tantangan berat bagi penyelenggara. Di satu sisi, KPU dituntut agar meningkatkan partisipasi pemilih, tapi di sisi lain ada pandemi Covid-19 yang melarang terjadinya kerumunan masyarakat,” jelas Agus.

Baca Juga :   Puluhan Motor Terjaring Razia di Jalan Soekarno Hatta

Agussalim menambahkan, adanya pandemi Covid-19, mengharuskan seluruh stakeholder melakukan hal – hal baru seperti memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan  serta tetap berupaya menciptakan demokrasi yang berintegritas dan berkualitas. Untuk itu, kata Agus, pihaknya meminta kepada semua pihak, agar bersama – sama menyampaikan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya.

“Marilah kita menjaga integritas dan independensi kita, agar kepercayaan publik bisa tinggi dalam pilkada tahun 2020 ini,” tuturnya.

Pada Seminar Demokrasi KPU Palu tersebut, hadir sebagai narasumber akademisi Untad, Dr. Slamet Riyadi Cante,  Dr. Irwan Waris, serta Dr.Tavip. *WAN

Komentar

News Feed