oleh

Bantu Ekonomi Keluarga, Sebaiknya IRT Jadi Mompreneur

SULTENG RAYA – Masa pendemi Covid-19 merupakan masa-masa sulit perekonomian, apalagi kalau dispesifikkan ke ekonomi keluarga, pasti masalahnya lebih kompleks.

Berbagai kendala terkait ekonomi sedikit banyaknya akan dihadapi, misalnya berkurangnya pendapatan kepala keluarga atau suami, mendapat PHK, pemotongan gaji dan hal lain yang menurunkan kualitas perekonomian rumah tangga.

Seorang mompreneur, Tanya Larasari, mengatakan, permasalahan yang dihadapi keluarga, khususnya keluarga muda pasti akan merasakan dampak tersebut.

Sehingga, ia menyarankan untuk ibu-ibu muda ini harus ‘turun gunung’ membantu meingkatkan penghasilan keluarga dengan menjadi pelaku usaha sembari mengurus rumah tangga atau disebutnya mompreneur.

“Pasti enggak sedikit yang merasakan. Disini pentingnya kita sebagai istri, bisa membantu survive keberlangsungan hidup dengan usaha kecil-kecilan memanfaatkan pasar daring,” katanya saat didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar Temu Responden 2020, Manajemen Keuangan di Tengah Pandemi yang dilaksanakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Sulawesi Tengah, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga :   L-Men 20 Tahun Tepercaya Menginspirasi Pria Indonesia Hidup Sehat

Ia berkeyakinan, ibu-ibu jaman now pasti sangat kreatif. Dari kreatifitas tersebutlah, mereka harus berdaya.

Banyak usaha yang bisa dilakukan, misalnya kalau memiliki keahlian memasak, maka itulah yang dikemas sedemikian rupa agar memiliki nilai untuk dijajakan kepada konsumen.

“Saya seperti itu, usaha saya banyak. Apapun saya kerjakan semenjak Pandemi Covid-19 hadir di Indonesia,” tuturnya.

Disamping itu, sebagai pengelolah keuangan keluarga, istri juga yang cerdas me-manage keuangan mulai dari tabungan, alokasi belanja, hingga investasi.

“Aku setuju kalau ini, disamping kita usaha dengan budget yang seadanya. Kita juga perlu menghitung, suami dapat berapa sih?. Nah, itu yang kemudian kita sisihkan ke beberapa kebutuhan dan memperhatikan perencanaan yang ada esok hari,” katanya. RHT

Baca Juga :   Honda Sulteng Kembali Edukasi Safety Riding Peserta Didik SMA di Palu

Komentar

News Feed