oleh

Imbas Pandemi, Mudik Gratis Nataru Ditiadakan Sementara

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya menekan penyebaran dan penularan Covid-19 di wilayahnya.

Salah satu upaya itu, mengalihkan seluruh anggaran dan difokuskan untuk mendanai seluruh kebutuhan daerah serta kegiatan pencegahan penularan virus corona.

Kumala Digifest

Akibatnya, seluruh kegiatan yang sebelumnya rutin dilaksanakan setiap tahun, jadi tidak terlaksana alias ditiadakan sementara,  salah satunya program mudik gratis natal dan tahun baru (Nataru).

Kepala Bidang Darat, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Sulteng, Sumarno, mengatakan anggaran mudik gratis dialihkan guna membiayai kebutuhan daerah serta menangani pandemi corona.

“Memang Setiap tahun mudik gratis rutin dilaksanakan. Tapi untuk tahun ini, sementara dihentikan,” katanya, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga :   AJM Pastikan All Ne Aerox 155 Ready Desember

Dihentikannya program tahunan itu demi menghindari masyarakat dari penularan Covid-19. Mengingat, dua momentum tersebut mengakibatkan arus penumpang lebih tinggi dari hari-hari baisanya. Kondisi itu, dikhawatirkan penularan virus corona meningkat

Olehnya itu, Sumarno, mengimbau agar masyarakat agar menunda mudik Nataru demi mencegah penularan virus lebih massif lagi.

“Tidak mudik merupakan solusi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus,” jelasnya.

Mengenai ketersediaan armada dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru dinilai masih cukup memadai, baik angkutan kota antar provinsi maupun angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) di Sulteng.

Program mudik gratis natal dan tahun baru rutin dilaksanakan sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu, pelajar dan mahasiswa yang ingin pulang ke kampung halaman.

Baca Juga :   MUI Sulteng Deklarasikan Konsep Wasathiyatul Islam

Seperti pada program mudik gratis pada 2019 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng memberi kuota hingga 500 orang penumpang. RAF

Komentar

News Feed