oleh

Gubernur Lantik Mulyono Jadi Penjabat Sekprov Sulteng

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola resmi melantik dan mengambil sumpah Mulyono sebagai penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat Hidayat Lamakarate.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulteng Nomor  800/303/BKD-G.ST/2020 dan prosesnya dilakukan di ruangan Polibu Kantor Gubernur Sulteng, , Kamis (19/11/2020).

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, mengatakan  pengisian kekosongan jabatan harus segera dilakukan. Mengingat jabatan Sekdaprov merupakan sentral administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan.

“Kami menunjuk saudara Mulyono untuk melanjutkan tugas-tugas Sekdaprov Sulteng,” ucapnya.

Jabatan Sekprov Sulteng yang kini dipegang Mulyono, diyakini dapat berjalan dengan baik. Sebab, dalam perjalanan karirnya pernah menjadi auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulteng sejak 1986 hingga 2008. 

Baca Juga :   DP3A: Penguatan Nilai-Nilai Agama Bisa Cegah Kasus Incest

Bahkan, sebelum mengisi kekosongan jabatan sentral itu, Mulyono pernah menempati posisi sebagai Asisten administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulteng. Belum lagi sederet pengalaman birokrat yang tidak bisa dipandang sebelah mata dan mampu menopang kerja-kerja sentral pemerintahan.

Meski begitu, yang terpenting menurut Gubernur Longki, maksimalnya pelaksanaan roda pemerintahan sangat ditentukan peran aktif Sekdaprov. Khususnya dalam memberdayakan perangkat organisasi pemerintahan.  

“Optimalnya kegiatan sebuah pemerintahan sangat ditentukan dan tergantung dari maksimalnya peran sekretaris dalam memberdayakan perangkat organisasi pemerintahan,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya Sekdaprov Sulteng dijabat oleh Hidayat Lamakarate. Namun karena agenda politik, mengharuskan dirinya mundur dari jabatan tersebut sebagaimana peraturan perundang-undangan tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga :   Wali Kota Minta Area Depan Toko Bebas Sampah

Hidayat Lamakarate resmi mundur dari jabatannya pada Jumat (4/9/2020) lalu. Surat pengunduran diri itu diserahkan dan diterima langsung Gubernur Sulteng, Longki Djanggola di ruang Kerja Gubernur Sulteng, sekaligus mengembalian kendaraan dinas dan beberapa fasilitas yang melekat lainnya.

Demi mengisi kekosongan jabatan  itu, tugas-tugas Sekdaprov akan dilimpahkan kepada pelaksana tugas (Plt), dalam hal ini adalah Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Setdaprov Sulteng, Mulyono yang sesuai dengan bidangnya. RAF  

Komentar

News Feed