oleh

Gubernur Titip Usulan Perpanjangan Rehab-Rekon ke DPD-RI

SULTENG RAYA – Momentum kunjungan kerja Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menjadi kesempatan baik bagi Pemerintah Provinsi Sulteng.

Kesempatan baik itu dimanfaatkan Gubernur Longki, Longki Djanggola untuk menitipkan surat usulan perpanjangan masa Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Rehab-Rekon) pascabencana 28 September 2020 untuk ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, menjelaskan maksud mengusulkan perpanjangan itu dikarenakan masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan. Sementara masa waktu rehab-rekon akan berakhir pada akhir 2020 mendatang.

“Dibutuhkan payung hukum supaya pelaksanaan rehab-rekon tidak melenceng,” kata Gubernur Longki Djanggola kepada Ketua DPD RI,La Nyalla Mattalitti  pada rapat kerja bersama dalam rangka urgensi mitigasi bencana, di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga :   Pemkot Palu Tampung Saran Lewat Konsultasi Publik

Pemerintah Provinsi Sulteng resmi membuat surat usulan perpanjangan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2018 tentang percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi dan tsunami.

Surat resmi itu bernomor 360/624/BPBD tertanggal 19 November 2020, terdapat dua alasan yang jadi pertimbangan untuk memperpanjang rehab-rekon. Pertama, alokasi anggaran rehab-rekon dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang berhasil diserap baru sekitar 50 persen.  Kedua, kesulitan mencari tenaga kerja akibat merebaknya pandemi Covid-19. Sehingga menghambat aktivitas pelaksanaan percepatan rehab-rekon.  

Menanggappi usulan itu, Ketua DPR RI, La Nyalla menyatakan dukungan atas upaya-upaya yang ditempuh untuk mempercepat proses rehab-rekon pascabencana 2 tahun silam.

Baca Juga :   Penerima BPUM Harap Hindari Kerumunan

“Kami mendukung sepenuhnya pemulihan aspek-aspek sosial ekonomi dan budaya di Sulteng,” jelasnya.

Bahkan, dengan tegas komitmen mendorong Presiden Joko Widodo agar mengabulkan usulan perpanjangan rehab-rekon saat dirinya menemui Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan surat yang diterima dari gubernur tersebut. RAF

Komentar

News Feed