oleh

Minimalisir Angka Pengangguran SMK, Tahun Depan SMKN 3 Palu Komitmen Tingkatkan Link and Match

SULTENG RAYA- Untuk meningkatkan kualitas angka kerja lulusan SMK, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Palu, berkomitmen pada tahun 2021 akan meningkatkan link and match dengan 104 Industri dan Dunia Kerja (Iduka).

Demikian dikatakan Kepala SMKN 3 Palu, Drs. Triyono, M.Pd., saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama atau Momerandum of Understanding (MoU) bersama dengan 12 Industri  dan Dunia Kerja (Iduka) Kamis (19/11/2020).

“Kami memiliki 104 mitra Iduka, saat ini kita melakukan MoU baru dengan 12 Iduka , untuk itu InsyaAllah kedepannya tahun 2021 kami berkomitmen akan melanjutkan program link and match ini dengan 104 Iduka tersebut,” kata Kepsek.

Menurutnya Link and match  merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir angka pengangguran bagi para lulusan SMK, mengingat saat ini menurut data BPS per Agustus 2020 angka pengangguran tercatat ada kurang lebih 13 persen.

Baca Juga :   Vaksinasi Langkah Awal Pecepatan Pembukaan Sekolah

Sehingga kata dia, untuk mewujudkan itu, saat ini pihaknya bersama dengan mitra Iduka berupayah dalam menyetarakan kurikulum, agar kurikulum yang digunakan di sekolah dapat setara dengan kebutuhan industri.

“Jadi kalau praktek pendekatannya di SMK adalah project dislearning, pembelajaran berbasis produksi ini, bagaimana praktek-praktek yang ada di sekolah itu hasilnya bernilai ekonomi, artinya hasil praktek siswa itu bernilai jual atau sesuai dengan kebutuhan pasar,” katanya.

“Sehingga nantinya kurikulum nya kita selaraskan, dan saprasnya kita tingkatkan, gurunya kita benahi dari kompetensinya, hubungan dengan industry kita kuatkan dukungan masyarakat begitu kuat insyaAllah  peningkatan kualitas SDM  untuk peningkatan daya saing itu bisa tercapai,” katanya menambahkan.JAN

Baca Juga :   Vaksinasi Perdana, Kadisdikbud Jadi Orang Pertama di Vaksin

Komentar

News Feed