oleh

IZI Sulteng Latih Penerima Manfaat Keterampilan Menjahit

SULTENG RAYA – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) melalui Kantor Perwakilan Sulawesi Tengah bersinergi dengan BNI Syariah lewat lembaga wakafnya, Yayasan Hasanah Titik meresmikan program pembinaan bertajuk rumah ekonomi pelatihan menjahit di Jalan Tanjung Seng, Kota Palu, Rabu (18/11/2020).

Program tersebut juga merupakan implementasi penggalakkan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Pemerintah untuk menambah kompetensi masyarakat guna menggerakkan ekonomi kerakyatan di Kota Palu.

Ketua IZI Sulteng, Sabiin Sy Lanta, mengatakan, sebanyak enam penerima manfaat akan dilatih keterampilan menjahit selama empat bulan program berjalan.

“Ada yang sudah mahir, ada yang baru mulai. Kita harapkan sepanjang pembinaan mereka akan menghasilkan keterampilan yang bermuara pada perbaikan ekonomi. Penerima manfaat ini sesuai dengan asnaf zakat sesuai ketentuan dan telak kami lakukan verifikasi,” katanya kepada Sulteng Raya.

Baca Juga :   BKKBN Perkenalkan Aplikasi ‘KLIK KB’ di Sulteng

Sabiin menambahkan, pihaknya akan berupaya sebaik mungkin untuk melatih keterampilan menjahit penerima manfaat. Karena selama ini menurutnya, program menjadi dari IZI telah menghasilkan pelaku-pelaku usaha yang bisa bersaing dan punya program-program yang tidak kalah berkualitas dengan yang lain.

“Bahkan ada penerima manfaat kami kemarin mendapatkan borongan dari salah satu perguruan tinggi, mereka dapat kepercayaan karena hasilnya sudah sangat baik dan berkualitas. Ini yang kita harapkan, yang baru di program rumah ekonomi ini akan mengikuti pendahulunya yang telah sukses menggarap pasar secara mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Operasional Manager Bank BNI Syariah Cabang Palu sekaligus Koordinator BNI Wakaf Yayasan Hasanah Titik, Sandy Sumantri mengatakan, BNI Syariah berkewajiban mendukung program-program dana umat untuk hal-hal yang bersifat pembinaan seperti yang dilakukan IZI.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 di Palu Bertambah 30 Orang

Ia berharap, sinergi yang dibangun dapat memberikan dampak positif bagi penerima manfaat, perekonomian keluarga juga diharapkan makin baik seiring dengan keterampilan yang mereka dapatkan selama mengikuti program tersebut.

“Kami melalui Yayasan Hasanah Titik memang konsen memberikan dana zakat untuk hal yang bersifat pembinaan. Kami telah bekerja sama dengan banyak lembaga seperti IZI. Istilahnya kami bukan memberikan ikan, tetapi kami memberikan kail kepada penerima manfaat ini,” tuturnya.

Staf Ahli  Bidang Sosial dan Budaya  Pemerintah Kota Palu, Usman dalam sambutannya memberika apresiasi terhadap program rumah ekonomi IZI.

“Semoga apa yang kita usahakan hari ini akan bernilai ibadah, karena kita bermanfaat untuk sesama,” ucapnya. RHT

Komentar

News Feed