oleh

Pembangunan Ruas Jalan Baturube – Tambayoli Disetujui

SULTENG RAYA –  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), akhirnya menyetujui pembangunan ruas jalan Baturube – Tambayoli.

Persetujuan itu diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerja sama pembangunan ruas  jalan di Cagar Alam Morowali atau kawasan konservasi antara Kepala BKSDA, Hasmuni Hasmar dengan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, di ruang kerja Gubernur Sulteng, Senin (16/11/2020).

Kepala BKSDA Sulteng, Hasmuni Hasmar, mengatakan ruas jalan tersebut merupakan penghubung Ibu Kota Kabupaten Morowali Utara (Morut) dengan Ibu Kota Kecamatan Bungku Utara yang melintasi kawasan konservasi di wilayah itu.

“Ruas jalan yang melintasi Cagar Alam Morowali itu telah dirintis Puluhan tahun dan terkendala dengan perizinan pembangunan strategis. Kini akhirnya pembangunan ruas jalan tersebut bisa terwujud,” jelasnya.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Dengan adanya pembangunan ruas jalan tersebut, akan sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya memudahkan akses transportasi darat yang sebelumnya tidak dimungkinkan dilalui karena berada di kawasan cagar alam Morowali.

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menyampaikan ruas Baturube-Tambayoli diharapkan bisa dikelilingi pagar guna menjaga dan melestarikan cagar alam morowali. 

“Ruang jalan Baturube-Tambayoli sudah terbuka dan akan terbangun.,” jelasnya.

Selain ruas jalan itu, sebelumnnya pembangunan tujuh ruas jalan juga telah di tandatangani melalui kesepakatan antara Pemprov Sulteng bersama BKSDA Sulteng.

Tujuh ruas jalan yang ditandatangani itu, diantaranya ruas Malino Jaya – Sumara Jaya, yang menghubungkan Kabupaten Tojo Unauna dan Morowali Utara, dengan panjang 22,22 kilometer, dan panjang jalan yang melintasi Cagar Alam Morowali sepanjang 2,87 kilometer.

Baca Juga :   Besok, STISIP Panca Bhakti Palu Gelar Wisuda ke-19

Berikutnya ruas jalan Sumara Jaya – Lembah Sumara menghubungkan Kabupaten Tojo unauna dan Morowali Utara dengan panjang jalan 9,05 kilometer dan panjang jalan yang melintasi Cagar Alam Morowali sepanjang 0,53 kilometer.

Selanjutnya ruas jalan Mepanga – Pasir Putih menghubungkan Kabupaten Parigi Moutong dan Tolitoli sepanjang 26,02 kilometer, dan panjang jalan yang melintasi Cagar Alam Tinombala 7,60 kilometer.

Kemudian, ruas jalan Pasir Putih – Basi menghubungkan Kabupaten Parigi Moutong dan Tolitoli dengan panjang jalan 20,85 kilometer dan panjang jalan yang melintasi Cagar Alam Tinombala adalah 2,18 kilometer. RAF

Komentar

News Feed