oleh

KPU Palu Laksanakan Debat Publik Terbuka II

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melaksanakan debat publik terbuka II pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Palu tahun 2020 di Hotel Best Western Palu, Rabu (11/11/2020).

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid dalam sambutannya mengatakan, pemilihan tema debat yakni menyelesaikan persoalan dan memajukan daerah. Tema itu diangkat karena melihat banyaknya persoalan-persoalan di Kota Palu sehingga diputuskan untuk mengangkat tema tersebut.

Ia berharap, pelaksanaan debat itu bukan hanya menghadirkan para pasangan calon tetapi bagaimana pasangan calon mampu merespon visi dan misi program serta ide kreatif sehingga mampu memberikan harapan bagi masyarakat Kota Palu yang akan menjadi referensi bagi masyarakat Kota Palu dalam menentukan pilihannya.

Baca Juga :   Gubernur Minta BRI ‘Rangsang’ Ekonomi Daerah Eks Bencana

Agussalim juga mengajak peserta hadir untuk bersama-sama menciptakan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang menjadi Pilkada yang berkualitas bukan hanya dari output tetapi dari proses.

“Bukan hanya dari penyelenggara tetapi bagaimana pasangan calon atau peserta mampu mengikuti kontestasi secara baik dan benar berdasarkan aturan, begitupun juga integritas. Integritas bukan hanya dibebankan kepada penyelenggaran tetapi juga kepada semua peserta beserta tim kampanyenya,” ujar Agussalim.

“Kami berharap debat publik terbuka kedua ini, visi misi disampaikan para pasangan calon dengan tema yang diangkat dapat memberikan pencerahan-pencerahan bagi masyarakat Kota Palu sehingga mereka menyatukan harapan dalam memilih pemimpin kedepan menjadi sebuah solusi sehingga bisa mengantar Kota Palu setara dengan kota-kota yang lebih maju di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga :   Polsek Palu Timur Bagi-Bagi Takjil ke Pengendara

Pada pelaksanaannya debat terbuka tersebut terdiri dari enam segmen yang dipandu oleh moderator debat yakni Osgar S Matompo.

Segmen pertama yakni pemaparan visi misi dari masing-masing pasangan calon. Segmen kedua yakni pendalaman visi misi program pasangan calon terkait terobosan untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu. 

Segmen ketiga masih seputar pendalaman visi misi pasangan calon berkaitan dengan solusi dalam mengatasi kemiskinan di Kota Palu. Segmen keempat yakni debat eksploratif terkait palu darurat narkoba, masing-masing pasangan calon diminta mengutarakan program guna mengatasi masalah tersebut.

Sementara untuk segmen kelima, masing-masing pasangan calon melakukan pengundian isu kemudian diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pasangan calon terkait isu yang didapat dan segmen keenam adalah closing statemen pasangan calon. NDY

Baca Juga :   Warga Tava Diimbau Patuh Prokes Saat Tarawih

Komentar

News Feed