oleh

Penyintas Bisa Menambah Luas Bangunan Huntap

SULTENG RAYA – Hunian Tetap (Huntap) Budha Tzu Chi yang berlokasi di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu telah dibangun dan huni para penyintas bencana 28 September 2018.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, menyampaikan luas lahan bangunan huntap yang dihuni dimungkinkan bisa ditambah lagi. Karena huntap setiap unit rumah memiliki luas 36 meter persegi. Sedangkan luas lahan yang disediakan adalah 150 meter per segi untuk satu unit.

“Sehingga, masih ada lahan kosong untuk menambah bangunan, istilahnya ini ‘rumah tumbuh’,” jelasnya saat meninjau perkembangan pembangunan huntap Budha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Kota Palu, Selasa (10/11/2020).

Adapun fasilitas huntap itu dinilai cukup memadai, yang mana satu unit terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu atau ruang keluarga, satu dapur, satu kamar mandi, satu unit ranjang tipe 160×200, satu unit ranjang susun, satu unit meja makan, empat kursi lipat dan 3 unit krei.

Baca Juga :   IZI Salurkan Donasi Bagi Keluarga Korban Longsor Tambang Buranga

Berdasarkan laporan pihak Budha Tzu Chi kepada dirinya, Doni mengaku bahwa di kompleks perumahan Cinta Kasih, hunian yang disiapkan saat ini telah layak dihuni oleh penyintas. Namun, terdapat beberapa kendala, diantaranya kondisi air yang belum sepenuhnya terdistribusi dengan baik. 

Kemudian, aliran listrik yang belum tuntas serta beberapa lokasi lahan yang masih dalam proses sengketa. Menanggapi kendala itu, Doni  mengatatakan pihaknya telah mencarikan solusi dari beberapa persoalan dimaksud.

“Ini bagian dari kewajiban kami, untuk melakukan sinkronisasi dengan kementerian yang lain,” ucapnya.

Berdasarkan laporan yang diterimanya dari pihak Budha Tzu Chi, relokasi warga ke huntap Budha Tzi Chi Tadulako  dilakukan secara bertahap. Pada tahun 2020 telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian dan pengundian calon warga, yakni tahap pertama dimulai 11januari hingga 12 Januari 2020 sebanyak 550 kepala keluarga (kk).

Baca Juga :   Sosisalialisasi Bahaya Narkoba Bagi Peserta Didik Harap Lebih Intensif

Kemudian, tahap II dimulai 14 Maret sampai dengan 15 Maret 2020 sebanyak 496 kk dan tahap III pada 23 Oktober sampai 24 Oktober sebanyak 321 kk.

Berkaitan dengan pembangunan hunian tetap di lokasi Kompleks Perumahan Cinta Kasih yang dibangun oleh Yayasan Budha Tzu Chi, PenanggungJawab Program Tanggap Darurat Budha Tzu Chi Palu, Joe Riadi mengemukakan bahwa 1.500 hunian tetap yang dibangun di lokasi perumahan Cinta Kasih sebagian besar telah rampung.

Kata Joe Riadi, 1.500 unit hunian tetap diperuntukkan kepada 1.500 kepala keluarga penyintas gempa, tsunami dan likuefaksi Palu. Dari jumlah tersebut, 1.363 telah menempati hunian dan masih dalam proses pengundian nomor blok dan rumah.

Baca Juga :   75 Pasien Covid-19 di Sulteng Sembuh

“Tersisa 137 yang belum menempati dan belum melakukan proses pengundian blok dan hunian,” ungkap dia. RAF/ANT

Komentar

News Feed