oleh

Kenang Jasa Pahlawan, Kapolres dan Bupati Morut Tabur Bunga

SULTENG RAYA – Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Morowali Utara (Morut), melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia.

Tabur bunga itu merupakan rangkaian peringatan hari pahlawan Nasional 10 November 2020. Prosesi tabur bunga diawali dengan upacara mengenang jasa para pahlawan di pelabuhan Kolonodale, Kecamatan Petasia Selasa (10/11/2020).

Prosesi ini dipimpin langsung Kapolres Morowali Utara, AKBP Bagus Setiyawan dihadiri Bupati Moh Asrar Abdul Samad, Ketua DPRD Hj Megawati Ambo Asa, pejabat utama (PJU) Polres dan para kepala OPD setempat.

Kekhusukan terlihat menyelimuti prosesi Tabur Bunga yang merupakan bentuk penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan kepada Bangsa dan Negara ini.

Baca Juga :   Ombudsman Tinjau Kesiapan KPU Laksanakan PSU di Morut

Kapolres AKBP Bagus mengatakan, peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya, menjadi momentum yang baik untuk meneladani nilai-nilai kepahlawanan dan menerapkannya kedalam sikap-sikap dan prilaku sehari-hari.

“Nilai-nilai semangat tersebut antara lain semangat Nasionalisme, Patriotrisme yang tinggi, Persatuan dan Ksatuan, Cinta Tanah Air, Kesamaan dan Tanggung Jawab, serta Rela Berkorban Tanpa Pamrih,” kata Kapolres.

Ia menambahkan,  kegiatan ini untuk mengenang, menghormati dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Memperingati jasa para pahlawan saat ini merupakan hal yang penting dilakukan, karena jasa dan perjuangan para pahlawan tak dapat dinilai dengan apapun. Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan harus kita dijadikan spirit untuk memajukan bangsa dan harus terus kita pelihara. Kalau dulu semangat mengusir penjajah, sekarang semangat untuk menghasilkan karya-karya terbaik untuk kemajuan bangsa Ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Tadulako Pantau PSU Peboa

Lanjutnya, ini pula sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan yang telah gugur, acara Tabur Bunga ini rutin digelar setiap pringatan Hari Pahlawan.

“Diharapkan dengan cara ini dapat memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak lupa dengan jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur,” harapnya. VAN

Komentar

News Feed