oleh

Apoteker Diminta Sukseskan Vaksinasi Covid-19 di Sulteng

SULTENG RAYA – Ketua Pengurus Daerah (PD)  Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Tengah, Abdul Rahman Rajak,  meminta kepada seluruh apoteker mensukseskan program vaksinasi Covid-19 di Sulteng.

“Apoteker dimanapun berada, diminta untuk berpartisipasi untuk mensukseskan program vaksinasi Covid yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah,” kata Abdul Rahman Rajak saat mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) IAI Sulteng 2020 secara virtual, Sabtu (31/10/2020).

Menurutnya, keterlibatan tersebut  menjadi pembuktian apoteker memiliki andil dalam program tersebut. Terutama, terlibat dalam strategi vaksinasi kepada masyarakat.  Di samping itu, kata Abdul Rahman, akan memberikan masukan dalam pembahasan regulasi dibidang kefarmasian dan apoteker.

“IAI akan memberikan masukan dalam pembahasan regulasi dalam bidang ke farmasian dan bidang apoteker ke depan,” jelasnya.

Baca Juga :   Besok, Wali Kota-Wawali Palu Dilantik di JCC

Sementara itu, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, menyampaikan sejawat apoteker senantiasa memperhatikan tujuh standar, diantaranya care giver, seorang Apoteker harus Profesional. Kemudian, apoteker harus decision maker, comunikator, leader, manager, life -long learner dan teacher.

“Sejawat apoteker harus selalu perhatikan tujuh standar itu,” jelasnya.

Mengenai ruang obat di Puskesmas, Gubernur Longki juga menyampaikan agar para sejawat apoteker tidak perlu risau terhadap fungsi penanggung jawab ruang obat di Puskesmas, tetap harus dipimpin seorang apoteker.

“Ke depan Pemerintah Propinsi Sulteng akan mendorong hal tersebut kepada pemerintah kabupaten dan Kota untuk mematuhi ketentuan itu,” jelasnya. RAF

Komentar

News Feed