oleh

Pembangunan Pabrik Smelter di KEK Palu Dimulai

SULTENG RAYA – Setelah dilakukan penandatanganan kerjasama antara PT Trinitan Metals and Minerals (TMM) dengan PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST), akhirnya pembangunan smelter galena dan nikel di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dimulai.

Pembangunan itu ditandai dengan Ground Breaking atau peletakan batu pertama oleh Gubernur Sulteng pada Rabu (28/10/2020), di atas lahan seluas 200 ha.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, menyampaikan pabrik smelter nantinya akan beroperasi pada tahun 2021 mendatang dengan memanfaatkan teknologi Hidrometalurgi Step Tempratur acid Leach (STAL).

“Teknologi STAL ramah lingkungan dan murah dari sisi investasi dibanding teknologi pemurnian Nikel lainnya, seperti High Pressure Acid Leach (HPAL),” jelasnya.

Baca Juga :   PKB/PLKB Diharapkan Menyosialisasikan Rencana PK21 Sejak Sekarang

Di sisi lain, pembangunan smelter di KEK Palu merupakan pilihan tepat. Sebab, kata Gubernur Longki, kawasan itu memiliki posisi sangat strategis sebagai pintu utara yang lebih dekat ke negara-negara tujuan Eksport, seperti Jepang Korea Selatan dan tingkok. 

“Apalagi KEK Palu telah mendapat pengakuan di tingkat nasional sebagai KEK terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT BPST, Mulhanan Tombolotutu . menyampaikan KEK Palu mengalami perkembangan sangat pesat. Hingga saat ini, terdapat 38 tenan yang berinvestasi di kawasan tersebut.

“Saat ini, ada 6 Perusahaan Besar menyusul membangun Smelter di Lokasi KEK Palu,” jelasnya.

Senada dengan Direktur PT TMM, Widodo Sicipto, bahwa pilihan berinvestasi di KEK Palu merupakan bagian dari komitmennya untuk ikut berkontribusi untuk membangun bangsa Indonesia, salah satunya di Sulteng.

Baca Juga :   Kaper Erna Harap Kualitas Pelayanan Tidak ‘Kendor’ di Masa Pandemi

“Ini adalah komitmen kami dalam membangun bangsa Indonesia,” jelasnya.

TMM merupakan perusahaan yang berdiri sejak 2009 lalu dan dalam kurun waktu 10 Tahun itu, perusahaanya berkembang sangat cepat, baik dari sisi fasilitas, sertifikasi dan seles dengan penguasaan teknologi.

Hal itu membuat produk TMM mampu mensupply kebutuhan industri dengan Koor bisnis, Industri otomotip, Industri Kabel, Industri kabel, industri plastik, industri karet dan industri perhiasan. RAF

Komentar

News Feed