oleh

BBTNLL Bantu Modal Kelompok Usaha di Kawasan TNLL

SULTENG RAYA – Wujud kepedulian terhadap pemulihan ekonomi masa pandemi Covid-19, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) menyalurkan bantuan modal usaha senilai Rp50 juta kepada Kelompok Sari Kelapa Desa Kadidia dan Fajar Timur Desa Kamarora B,  Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, Selasa (27/10/2020).

Kepala BBTNLL, Jusman mengatakan, bantuan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha di sekitar kawasan dengan mengedepankan pemanfaatan berbasis kelestarian kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga identifikasi pemetaan dan potensi desa untuk menghasilkan potensi-potensi komoditas unggulan yang dapat dikembangkan.

“Kelompok yang dibentuk kemudian bersama-sama merumuskan rencana kegiatan jangka pendek hingga jangka panjang (RPP dan RKT). Pembuatan proposal bantuan juga dibuat bersama dengan melibatkan unsur pemerintah desa,” katanya.

Baca Juga :   Hingga November Kebakaran di Palu 127 Kasus

Menurut Kepala Balai, penyaluran bantuan mengacu kepada realisasi dari peraturan dirjen KSDAE nomor 3 tahun 2017 tentang Petunjuk teknis penyaluran bantuan lainnya yang memiliki karakteristik bantuan pemerintah dalam rangka fasilitasi pemberdayaan masyarakat lingkup direktorat jenderal KSDAE.

“Diharapkan dengan bantuan ini bisa sinergi dengan program peningkatan kesejahteraan di Desa sehingga berjalan bersama memberi hasil yang optimal” ujar Jusman.

Jusman berpesan, kunci untuk suksesnya pemberdayaan masyarakat adalah saling percaya, saling terbuka, dan saling memberikan manfaat.

“Selain itu yang paling penting adalah terus menjalin komunikasi. Komunikasi menjadi kunci untuk melahirkan inovasi, dan menyelesaikan masalah,”  tuturnya. RHT

Komentar

News Feed