oleh

Debat Publik Sebagai Bahan Tentukan Pilihan di Pilkada

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kota Palu sukses melaksanakan debat publik putaran pertama yang mengangkat tema “Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat dan Meningkatkan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat” di Hotel Best Western Palu, Selasa (27/10/2020).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, debat publik merupakan salah satu metode kampanye yang diatur PKPU Nomor 5 tahun 2020. Pelaksanaan kampanye sendiri dilaksanakan selama 71 hari sejak tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

Kumala Digifest

Menurut Agus, tujuan debat publik sebagai sarana untuk memperkenalkan profil calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu serta sarana penyebaran visi, misi dan program tiap pasangan calon. Debat publik yang disiarkan secara langsung ini juga bertujuan memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada pemilih sehingga menjadi bahan dalam menentukan pilihan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga :   PT PMA Palu Promo ‘Jumbo Sale’, Nego Sampai Deal

Kegiatan debat publik dipandu oleh Akademisi Untad, Dr Intam Kurnia yang membagi acara debat dalam enam segmen, mulai dari pemaparan visi, misi dan program, pendalaman tema debat, menjawab pertanyan dari tim penyusun materi, tanya jawab antar calon walikota, tanya jawab antar calon wakil wali kota serta closing statement.

Pelaksanaan debat publik Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu berjalan aman dan tertib serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dimana penonton diwajibkan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Rencananya, debat publik putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2020, dengan melibatkan tujuh tim perumus materi debat yakni Hardi Ligua dari Universitas  Alkhairaat Palu , Jamaluddin, Mauled Mulyono, Muh. Yasin Nahar dan DR Intam Kurnia dari Universitas Tadulako. Selanjutnya, Osgar S Matompo dari Unismuh Palu serta  Muh Ulil Hidayat dari IAIN Palu. WAN

Komentar

News Feed