oleh

Wagub Sulteng Apresiasi Penanganan Covid-19 di Buol

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Buol dalam penanganan Covid-19 di wilayah tersebut.

Hal itu disampaikan melalui Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Baco Dg Palabbi, saat mengunjungi posko Covid-19 di perbatasan Sulteng – Gorontalo di Kabupaten Buol dalam rangka monitoring dan evaluasi penanganan Covid-19 di daerah tersebut, Sabtu (24/10/2020).

Wagub Rusli, menyampaikan keberhasilan Pemkab Buol dibuktikan dengan menyisahkan 1 pasien positif dari sebelumnya 63 pasien. Sedangkan pasien positif meninggal dunia tercatat 1 orang.  

“Hanya satu orang meninggal dunia dan selebihnya dinyatakan sembuh,” jelasnya.

Guna menekan angka kasus positif corona, Wagub Rusli menyampaikan agar pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Sulteng melalui Buol, cukup mengantongi keterangan rapid test serta tetap mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga :   Tim Terpadu Palu Operasi Yustisi di 15 Cafe

“Saya informasikan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan, cukup mengantongi keterangan rapid test serta tetap mengikuti protokol kesehatan,” ucapnya.

Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Buol, Wakil Bupati Buol, H Abdullah Batalipu, mengatakan pihaknya sudah memasang portal di perbatasan sejak tanggal 21 Maret 2020 lalu.

“Kami sudah memasang portal di perbatasan sesuai petunjuk Presiden, Gubernur Sulteng dan Bupati Buol,” jelasnya.

Meski sudah sudah beberapa bulan berjuang di tengah ancaman Covid-19, Abdullah Batalipu mengaku petugas penjaga posko tetap semangat memeriksa para pelaku perjalanan yang masuk ke wilayahnya.

“Semangat masyarakat untuk menjaga perbatasan tidak surut, karena harus mengikuti instruksi Presiden dan keputusan Gubernur dan Bupati,” jelasnya.

Baca Juga :   Pascapersalinan Waktu Tepat Mengajak Ibu Menggunakan Kontrasepsi

Dalam kunjungannya di Kabupaten Buol, Wagub Rusli terlebih dahulu singgah di posko Covid-19 di Desa Lakea guna melakukan pengecekan suhu tubuh. Selanjutnya memberikan semangat dan motivasi kepada petugas penjaga posko Covid.

Bahkan, sebelum beranjak pergi menuju daerah perbatasan Sulteng-Gorontalo, Wagub Rusli memberikan paket multi vitamin serta kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hasmat  untuk digunakan saat memeriksa kesehatan para pelaku perjalanan. 

Setelah menempuh jarak sekitar 700 km lebih, akhirnya  rombongan Wakil Gubernur tiba posko Covid-19 di perbatasan Sulteng – Gorontalo.

Seperti di posko covid-19 sebelumnya, Wagub Rulsli juga menyerahkan menyerahkan bantuan APD berupa masker dan baju Hasmat kepada para petugas perbatasan secara simbolis diterima Wakil Bupati Buol H Abdullah Batalipu. RAF

Komentar

News Feed