oleh

Pelaku Usaha Pariwisata Perlu Ciptakan Keamanan Berwisata

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Pariwisata Sulteng mengajak para pelaku usaha pariwisata agar meningkatkan keamanan guna menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan dari bahaya Covid-19.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi Sulteng, Nurhalis M Lauselang, mengatakan  salah satu cara membangun keamanan wisatawan, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap objek wisata secara ketat. 

Kumala Digifest

“Hal utama yang saat ini perlu dibangun adalah kepercayaan publik, kepercayaan masyarakat, dan wisatawan bahwa Sulteng aman dikunjungi para wisatawan,” katanya saat menjadi narasumber dalam live podcast Palu, Kamis (22/10/2020).

Mengenai membangun kepercayaan masyarakat dan wisatawan, kata Nurhalis, merupakan salah satu strategi yang mesti dipahami dan diterapkan. Sehingga, pengelola objek wisata tidak tutup usaha atau kolaps. 

Baca Juga :   Gubernur Sulteng Terima DIPA-TKDD dari Kemenkeu

“Salah satu strategi dari Pemprov Sulteng adalah membangun kepercayaan masyarakat dan wisatawan. Ini penting untuk sekarang ini,” jelasnya.

Olehnya itu, diharapkan pelaku usaha pariwisata menyiapkan operasional yang aman agar objek wisata yang dikelola tetap eksis dan wisatawan tetap berkunjung secara terus menerus.

Selain itu, perlu ada perubahan pola dan penyesuaian standar yang diterapkan oleh para pelaku usaha terhadap calon wisatawan. Menurut Nurhalis, salah satu pola itu adalah mengubah pasar dengan cara mencari segmen baru. 

“Selain perlu membangun kepercayaan terhadap masyarakat dan calon wisatawan, mencari segmen baru juga penting sekali,” jelasnya. RAF

Komentar

News Feed