oleh

Warga Lere Keluhkan Air Menggenangi Pemukiman

SULTENG RAYA – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Rizal Dg Sewang, melaksanakan jaring aspirasi atau reses hari kedua di Kampung Lere, Kecamatan Palu Barat, Rabu (21/10/2020).

Dalam pelaksanaan reses itu, dominan warga mengeluhkan tempat tinggal mereka kerap tergenang air. Salah seorang warga, Eviyanti, mengatakan, ketika masuk waktu sore maka tempat tinggal warga terendam air setinggi lutut.

Kumala Digifest

“Kalau sudah sore itu air masuk ke dalam rumah sampai setinggi lutut. Kondisi semakin parah ketika hujan turun. Oleh karena itu kami minta solusi dari Pemerintah,” kata Eviyanti.

Selain itu, warga Lere juga meminta bantuan modal usaha, karena sebagian warga menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Selasa Menyapa, BKKBN Bahas Tujuh Dimensi Lansia Tangguh

“Warga juga butuh infrastruktur karena rumah di sini (Kelurahan Lere) yang rusak akibat gempa tidak bisa mendapat dana stimulan akibat zonanya belum ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) RDTR dan RTRW.  Selain itu, warga juga meminta aset Pemkot saat ini dipinjam pakaikan kepada masyarakat untuk dihibahkan menjadi milik masyarakat, supaya mereka bisa membangun dan mendapat apa yang menjadi hak mereka, karena kenyamanan mereka terganggu akibat air yang naik setiap harinya,” jelas Rizal.

Menanggapi aspirasi masyarakat, Rizal mengatakan, akan mengkomunikasikan langsung kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan (DPRP) Kota Palu serta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu bertanggung jawab terkait infrastruktur.

Baca Juga :   Buaya Masuk Pelataran PGM

“Kita juga akan coba melakukan survei terkait apa yang menyebabkan air menggenangi pemukiman masyarakat. Kita akan mencaritahu apa masalahnya kemudian mencari solusinya, karena masalah ini butuh penanganan cepat. Kalaupun solusi itu kemudian tidak bisa dilakukan dengan anggaran yang mungkin sudah disiapkan  oleh Pemkot, maka diharapkan paling tidak ada upaya antisipasi agar masyarakat bisa tenang,” ujarnya.

Pada pelaksanaan reses itu, Rizal Dg Sewang membagikan paket sembako kepada masyarakat berupa beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram dan minyak goreng. NDY

Komentar

News Feed