oleh

Sudah Saatnya IKM Lokal Go Digital

SULTENG RAYA – Industri Kecil Menengah (IKM) lokal, khususnya Kota Palu sudah harus terbuka menerima teknologi sebagai salah satu instrumen merangkul pembeli.

Dengan tersedianya puluhan platform jual beli eksis di Kota Palu, seharusnya sudah harus disadari sebagai peluang pengembangan bisnis, sehingga tidak jalan di tempat dengan mengharapkan kedatangan pembeli di lapak jualan notabenenya membatasi pangsa pasar.

Kumala Digifest

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah, Richard Arnaldo juga mengharapkan adanya sosialisasi massif dari platform untuk merangkul pelaku IKM.

“Sudah saatnya IKM kita go digital. Kalau mau berkembang seharusnya kita memanfaatkan segala perkembangan teknologi. Kita mengharapkan IKM kita maju khususnya dimasa pandemi ini,” kata Richard saat membuka pelatihan Workshop Marketing Online di salah satu hotel di Kota Palu, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga :   Gubernur Ajak Meniru Kepribadian Rasulullah SAW

Ia mengatakan, Pemerintah selaku regulator akan terus mendukung pengembangan IKM, khususnya IKM lokal melalui program-program sesuai dengan domain Pemerintah.

“Seperti pembinaan, pelatihan dan upaya-upaya lain yang sejatinya bisa kita lakukan. Selebihnya, pelaku IKM-lah yang harus bekerja mengembangkan usahanya. Kegiatan ini kami harapkan diikuti dengan baik agar nantinya punya gambaran dalam pelaksanaannya,” tuturnya.

Khusus di masa pandemi Covid-19, Richard meyakini adanya lonjakan transaksi non tunai dalam hal transaksi jual beli. Hal itu diprediksi sangat berdampak kepada peningkatan omzet pelaku UMKM maupun IKM telah ekspansi ke digital.

“Dengan go digital, kita bisa lebih banyak lagi belajar soal teknologi khususnya dalam hal memberi kesan menarik pada produk kita dan dipasarkan sehingga konsumen tertarik,” tutup Kadis Richard. RHT

Komentar

News Feed