oleh

Telkom Sumbang Masker ke Pemkot Palu

SULTENG RAYA – Demi mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Palu, PT Telkom menyumbang sejumlah masker kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu.

Bantuan itu diterima langsung Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah di ruang kerja Wali Kota Palu, Senin (19/10/2020).

Kumala Digifest

Sekkot Asri menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak PT Telkom turut serta mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di kota Palu dengan memberikan sejumlah masker.

“Menggunakan masker menjadi salah satu hal untuk mentaati protokol kesehatan selain menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Semoga angka penyebaran Covid-19 di Palu semakin berkurang,” kata Sekkot Asri.

98 PASIEN POSITIF DIRAWAT DI PALU

Sebagai informasi, hingga Selasa (20/10/2020), berdasarkan laporan harian Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Sulawesi Tengah, terdapat tambahan 10 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Palu.

Baca Juga :   Data Perpanjangan Penyaluran Stimulan Tahap II Diserahkan ke BNPB

Di hari sama, terdapat lima pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Hingga Selasa kemarin, total kasus pasien Covid-19 sejak Maret hingga Oktober di Ibu Kota Sulteng mencapai 284 kasus, terdiri dari 169 dinyatakan sembuh, 17 orang meninggal dunia setrta 98 orang masih dalam perawatan.

Adapun pasien dirawat tersebut tersebar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata sebanyak tujuh orang, delapan orang di RSU Anutapura, 28 di RSU Madani Palu, 16 orang di RS Darurat Pemprov Sulteng dan 39 orang karantina mandiri.

3M ‘VAKSIN‘ AMPUH

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengatakan pemerintah saat ini tengah berupaya menghadirkan vaksi Covid-19.

Di tengah upaya tersebut, saat ini harus dilakukan masyarakat yakni ‘3M’ atau mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker.

Baca Juga :   BEI Sulteng Ajak Perusahaan Lokal ‘Melantai’ di Bursa

Menurutnya, 3M satu-satunya vaksin bisa diperoleh masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Yang kita bisa lakukan saat ini adalah ‘3M’, itu adalah vaksin paling ampuh saat ini,” kata Gubernur Longki saat menyampaikan sambutan pada kegiatan penyerahan bantuan wifi dan smartphone kepada masyarakat di huntara oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tengah dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) dan stakeholder lainnya, di Hutan Kota, Senin (19/10/2020).

Menurutnya, saat ini Sulteng memang termasuk daerah yang terhitung rendah kasus Covid-19 dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, dirinya sama sekali tidak berbangga dengan hal itu mengingat saat ini lonjakan kasus di Sulteng terus terlihat.

Baca Juga :   IBI Diharapkan Jadi Wadah Pembinaan Bidan Berkualitas dan Kompeten

“Memang kita masih rendah, terhitung cukup baik di rangking nasional, sekitar peringkat lima terbawah kasus Covid-19. Tapi ini bukan suatu kebanggaan. Kita terus mengalami peningkatan bahkan tiga minggu terakhir meningkatnya sampai 300 persen. Sekarang sudah 600-an kasus,” keluh Gubernur.

Dirinya tidak bisa membayangkan jika masyarakat dan seluruh pihak masih acuh tak acuh terhadap protokol pencegahan. Ia bahkan, tidak bisa membayangkan lonjakan kasus yang akan sangat meningkat drastis kedepannya.

“Bagaimana kalau tiga bulan kedepan? pasti akan sangat banya, untuk itu, ina-ina, mangge-mangge. Saya mohon untuk kita sama-sama saling membantu, saling mengingatkan, saling berkontribusi untuk mencegah,” tuturnya. HGA/RHT

Komentar

News Feed