oleh

Dosen Untad Ciptakan 5 E-Aplikasi Berguna Bagi Masyarakat

SULTENG RAYA-Dosen Universitas Tadulako (Untad), Dr. Rosmala Nur, M.Si berhasil menciptakan 5 E-Aplikasi berbasis smartphone android yang sangat berguna bagi masyarakat, ke-5 aplikasi itu masing-masing E-Toma Nagaya Cares (Suami Cerdas Sayang Istri), E-Moms Care (pendeteksi dini resiko tinggi kehamilan), E-Deteksi Stunting Masa Kehamilan, E-Monitoring Stunting Pada Anak, E-Monitoring Tumbuh Kembang Anak.

Rosmala Nur mengatakan, ke-5 E-Aplikasi tersebut diciptakan kurun waktu 2 tahun terakhir. Tahun sebelumnya 1 aplikasi dan tahun ini paling banyak, yakni sebanyak 4 aplikasi.

Kumala Digifest

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa salah satu E-Aplikasi terbaru yang mereka ciptakan dan memberi manfaat besar bagi masyarakat adalah E-Moms Care.

“Salah satu aplikasi yang memberi manfaat adalah aplikasi E-Moms Care. Keuntungannya adalah dengan menggunakan aplikasi ini, ibu hamil dapat mendeteksi secara dini resiko tinggi kehamilannya, kapan dan dimanapun ia berada. Usaha mendeteksi ini merupakan ikhtiar kita guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Sulawesi Tengah,” jelasnya, Ahad (18/10/2020).

Baca Juga :   Rektor IAIN : Mahasiswa Program Bidikmisi Harus Berprestasi Akademik

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) ini mengungkapkan, bahwa aplikasi tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Sigi.

“Aplikasi E-Moms Care telah kami sosialisasikan kepada masyarakat dan bidan di Kecamatan Marawola dan Dolo Barat. Sosialisasi kami lakukan bertempat di puskesmas setempat. Alhamdulillah kami bersyukur sebab mereka merasa terbantukan dengan adanya aplikasi ini,” ungkapnya.

Ia berharap, agar apa yang telah dicapainya tersebut bisa memberikan motivasi kepada orang banyak. “Apa yang sudah saya capai ini, tidak lain adalah guna menginspirasi para dosen dan mahasiswa untuk berkarya yang berguna bagi masyarakat. Harapannya, mahasiswa khususnya yang berada di jurusan kesehatan masyarakat selaku pemegang tongkat estafet, harus punya inovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :   Mampu Pertahankan Akreditasi B, Rektor Ucapkan Terimakasi ke Prodi Ilmu Administrasi Negara

Pada akhir bulan Oktober nanti, aplikasi E-Moms Care (aplikasi pendeteksi dini resiko tinggi kehamilan) tersebut serta satu aplikasi beliau lainnya, yakni E-Aplikasi Deteksi Stunting rencananya akan dilaunching oleh Rektor Untad dan akan diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebelumnya Agustus lalu, saat perayaan dies natalis Untad, dosen ini meraih penghargaan sebagai dosen berprestasi peringkat pertama, serta sebagai peneliti terbaik peringkat kedua di tingkat Universitas Tadulako. */ENG

Komentar

News Feed