oleh

Operasi Yustisi Jaring 78 Pelanggar Prokes

SULTENG RAYA – Petugas gabungan menjaring 78 pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Operasi Yustisi di Kota Palu,  Senin (18/10/2020).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulteng, Mohamad Nadir, mengungkapkan para pelanggar ditemukan tidak menggunakan masker sebagaimana kewajiban harus dilakukan demi mencegah penularan covid-19.

Kumala Digifest

“Dari hasil operasi, tim gabungan menjaring 78 pelanggaran yang tidak menggunakan masker,” ungkapnya.

Para pelanggar terjaring operasi yustisi di beberapa tempat dan fasilitas umum, khususnya lokasi masyarakat sering berkerumun, seperti di pasar, cafe, terminal, pelabuhan dan tempat pelayanan umum lainnya.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Sulteng Nomor 32 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, terdapat sanksi diberikan bagi pelanggar.

Baca Juga :   MUI Sulteng Deklarasikan Konsep Wasathiyatul Islam

Nadir menyampaikan, pada pelanggar prokes tersebut diberikan sanksi berupa teguran lisan dan memberikan masker sambil mengedukasi kepada masyarakat tentang penerapan prokes guna mencegah penularan virus corona.

“Yang kita utamakan saat ini teguran lisan dan teguran tertulis. Untuk sanksi sosial akan kita berlakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Operasi tersebut, dilakukan tim gabungan melibatkan unsur TNI dan Polri, Dinas Perhubugan Sulteng dan Satpol PP Sulteng. Selain upaya penegakan dan pendisiplinan, juga menyosialisasikan Pergub Sulteng Nomor 32 Tahun 2020.

Dengan adanya operasi tersebut, Nadir berharap, masyarakat dalam menjalankan segala aktivitasnya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna menghindari terjadinya klaster baru di Sulteng.

Baca Juga :   Wagub Ajak Masyarakat Memakmurkan Masjid

“Tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah cara menghindari dari penularan virus corona,” jelasnya. RAF

Komentar

News Feed