oleh

Dinsos Palu Sudah Punya Rumah Singgah PPKS

SULTENG RAYA – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu telah menyediakan rumah singgah bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan  Sosial (PPKS) di Jalan Tanggul Utara, Kecamatan Palu Selatan.

Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Palu, Qorarti Dini, mengatakan, rumah singgah tersebut bernama nompeili ntodea, sedangkan untuk kriteria dalam pelayanan rumah singgah yaitu bagi disabilitas terlantar, lansia terlantar, anak terlantar, serta gelandangan dan pengemis (Gepeng).

Kumala Digifest

“Hal itu, sesuai atau berdasarkan Permensos (Peraturan Menteri Sosial) 16 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Rehabilitasi Sosial,” kata Qorarti Dini, Jumat (16/10/2020).

Ia menjelaskan, sesuai  SOP yang ada bagi disabilitas terlantar, lansia terlantar, anak terlantar, maupun Gepeng hanya dapat tingal di rumah singgah selama 14 hari, setelah itu mereka diberi penanganan lanjutan.

Baca Juga :   Buaya Masuk Pelataran PGM

Mengenai penanganan lanjutan, kata dia, yaitu berdasarkan dari hasil asesmen mereka bisa dikembalikan kepada orang tua, keluarga, panti ataupun balai pelatihan untuk kemandirian.

“Sedangkan, untuk para Gepeng yang berasal dari luar Kota Palu, kami akan lakukan koordinasi dengan Dinsos daerah asal para Gepeng tersebut terkait pemulangannya,” jelasnya.ULU

Komentar

News Feed