oleh

Pelaku Curanmor Lintas Daerah Ditembak

SULTENG RAYA – Anggota Buru Sergap (Buser) Elang Tokala Satreskrim Polres Morowali Utara (Morut), yang dipimpin Iptu Lasida berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) jenis roda dua di lima TKP wilayah hukum Polres setempat dan di Kabupaten Poso.

Kasat Reskrim Polres Morut, Iptu Lasida menerangkan, dalam kasus ini pelaku hanya bertindak sendiri dalam aksinya, pelaku yang ditangkap tersebut diketahui bernama Jerry Mamarimbing (44) warga asal Kabupaten Poso.

“Hasil penyelidikan Polisi atas aduan masyarakat pelaku beraksi sedikitnya di lima Tempat Kejadian Perkara (TKP) diantaranya, pelaku melakukan pencurian sepeda motor jenis Honda Sonic warna putih merah di parkiran RSUD Kolonodale, selanjutnya pelaku juga melakukan pencurian sepeda motor jenis Yamaha Jupiter Z warna biru di parkiran RSUD Kolonodale,” katanya.

Baca Juga :   STQH ke-III di Morut Ditutup

Selanjutnya di bulan September, pelaku melakukan pencurian sepeda motor jenis Yamaha Mio warna kuning di parkiran RSUD Kolonodale dan pada Jumat tanggal 9 Oktober 2020 sekira pukul 02.00 wita dini hari, pelaku melakukan pencurian sepeda motor jenis Yamaha Mio M3 warna putih stripping merah di rumah korban di Desa Korowou, Kecamatan Lembo.

“Kemudian pada Hari Minggu tanggal 11 Oktober 2020 pukul 03.00 wita, pelaku melakukan pencurian sepeda motor Yamaha Mio M3 warna merah di Desa Kuku, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso,” jelasnya, Rabu (14/10/2020).

Mantan Kapolsek Petasia itu mengatakan, pelaku beraksi dengan modus operandi menggunakan sebuah kunci khusus berbentuk letter ‘L’ yang dibuat sendiri oleh pelaku di sebuah bengkel di Kolonodale, awalnya pelaku membobol kunci sepeda motor yang terparkir dalam keadaan terkunci stang dengan menggunakan kunci khusus tersebut dan kemudian pelaku menghidupkan mesin sepeda motor dengan cara menyambungkan langsung kabel bodi/kontak. 

Baca Juga :   Morowali Urutan Kedua Penyumbang Positif Covid-19 di Sulteng

“Kemudian dibawa dan dijual oleh pelaku ke wilayah Kabupaten Poso dan hasil penjualan sepeda motor tersebut digunakan pelaku untuk membeli narkoba,” terangnya.

Kasus ini terungkap saat tim Resmob Elang Tokala mendapatkan informasi tentang adanya seseorang yang menawarkan sepeda motor di Beteleme dengan harga murah namun tidak disertai dokumen kendaraan.

Kemudian petugas mengamankan orang tersebut dan sepeda motor yang hendak dijual, dari sana terungkap pelaku telah melakukan aksinya di lima TKP.

“Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu sepeda motor jenis Yamaha Jupiter Z warna Biru No.Pol DN 6347 UB nomor rangka MH3UE1120GJ082406 nomor Mesin E3R5E-0085015 dan Yamaha mio M3 125 

nomor polisi DN 3379 PI nomor rangka MH3SE8810FJ482400 dan serta nomor Mesin E3R20527150,” sebutnya.

Baca Juga :   PT IMIP Diharapkan Tingkatkan Sumbangsih ke Negara

Pelaku merupakan residivis kasus curanmor dan baru selesai mejalani hukuman di Rutan Kolonodale pada Desember 2019. “Saat akan ditangkap, pelaku mencoba melawan petugas sehingga harus dilumpuhkan dengan tima panas. Saat ini pelaku berada di ruang tahanan Polres untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegasnya. VAN

Komentar

News Feed