oleh

Disperindag Sulteng Tambah Kompetensi IKM Garap Pasar Daring

SULTENG RAYA – Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng menyelenggarakan Workshop Strategi Berbisnis Online kepada IKM lokal Sulteng di salah satu hotel di Kota Palu, Kamis dan Jumat (15-16/10/2020).

Kepala Disperindag Sulteng, Richard Arnaldo Djanggola dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut memiliki orientasi menambah kompetensi para IKM melakukan ekspansi pasar online, membuka kemungkinan menambah penghasilan dari pasar tersebut.

“Saat ini, khususnya dimasa pandemi, sektor daring menjadi media pemasaran paling strategis. Sehingga kami berpikir, IKM lokal kita harus diberikan pemahaman untuk ini. Semoga menambah kompetensi para IKM,” katanya.

Harus diakui menurut Kadis Richard sektor Industri kecil sangat terdampak dimasa krisis saat ini. Namun, dirinya juga tidak menampik bahwa industri kecil pulalah yang akan kembali menggeliatkan perekonomian.

Baca Juga :   Peserta dan Pengunjung Wajib Rapid Test

“Itu sudah terbukti ketika kita melihat 1997-1998 dimana negara kita mengalami krisis. Pelaku usaha kecil inilah yang sedikit demi sedikit mengangkat derajat perekonomian. Kami berharap IKM yang ikut ini dapat mengambil bagian dari program pemulihan ekonomi nasional dan domestik,” ucapnya.

Dikatakannya, pendampingan pemerintah dalam hal melakukan go digital terhadap IKM bukan hanya berhenti di workshop semata, tetapi jauh sebelum itu, pihaknya sudah melakukan berbagai program dengan tujuan mendampingi IKM untuk tetap bertahan dimasa pandemi.

“Mereka sebelumnya telah dilakukan pendampingan. Bahkan belum lama ini, mereka yang ikut telah dilatih membuatn website untuk branding produk yenga mereka hasilkan,” katanya.

Dirinya sangat berharap, pelatihan yang sangat terbatas tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal bagi para peserta sehingga memiliki output yang maksimal pula yakni peningkatan omzet melalui pasar digital.

Baca Juga :   PKBI JMK-Oxfam Ajak Media Dukung Pengesahan RUU PKS

“Saya juga ingin terus mengingatkan, bahwa kegiatan yang berlangsung ini harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga kita selalu diberikan kesehatan,” tutupnya. RHT

Komentar

News Feed