Perekat Rakyat Sulteng.

RAKERNAS APEKSI DI SEMARANG

Disdikbud Palu Perkenalkan Kesenian Palu

0 85

SULTENG RAYA-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, akan memperkenalkan kesenian daerah Kota Palu pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), digelar pada 2-6 Juli 2019 di Kota Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjelaskan, bahwa tidak hanya menampilkan kesenian asli etnis Kaili sebagai kesenial lokal Kota Palu, melainkan juga akan menampilkan kolaborasi seni ragam etnis yang ada di lembah Palu, sebagai bentuk keterbukaan yang dimiliki etnis Kaili sebagai etnis asli lembah Palu.

Sebagaimana yang sering diungkapkan Walikota Palu, Hidayat, bahwa orang Kaili sangat memiliki jiwa toleransi tinggi terbukti dengan menerima secara terbuka siapa saja yang masuk ke dalam Lembah Palu.

Namun etnis Kaili memiliki keistimewaan tersendiri, sekalipun terjadi akulturasi budaya di Lembah Palu, budaya dan kesenian Kaili tetap ekses hingga saat ini.

Ada dua sanggar seni yang diboyong ke Semarang, yakni  Teku-Teku milik  SMPN 18 Palu dan Sanggar Seni Sango Patuju yang terdiri dari tiga etnis di dalamnya yakni seni Kaili, Bali, dan Teongho, dengan jumlah anggota rombongan yang diberangkatkan sebanyak 52 orang, terdiri dari Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Kota Palu Ambotuo, dan rombongan seniman.

Kemungkinan besar pengisi acara dimalam penutupan tanggal 6 Juli 2019 nanti hanya dari Kota Palu, karena sampai hari ini hanya Kota Palu yang mendapatkan undangan sebagai pengisi acara. “Kita tampil dimalam penutupan Rakernas,”jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, Selasa (2/7/2019).

Sebenarnya kata Kadis, harusnya Kota Palu sebagai tuan rumah, namun karena ada musibah kejadian kemarin 28 September 2018 gempa bumi yang disusul tsunami dan likuifaksi, sehingga pemerintah Kota Palu meminta untuk dialihkan ke kota lainnya, mengingat fasilitas dan infrastruktur butuh waktu untuk merecovery. AMI

- A d v e r t i s e m e n t -

Balas

Email tidak akan dipublikasikan