Perekat Rakyat Sulteng.

Perbaiki Kualitas Jurnal, Unismuh Hadirkan Prof Irwansyah

0 42

SULTENG RAYA-Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, terus memperbaiki kualitas pengelolaan jurnal, Rabu (18/12/2019) menggelar Seminar Umum dengan menghadirkan Asesor Jurnal Dirjen Pendidikan Tinggi, Prof Dr. Irwansyah, S.H., M.H.

Kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh pengelolah jurnal, unsur pimpinan universitas hingga tingkat prodi mengangkat tema Standarisasi Pengelolaan Jurnal Universitas Muhammadiyah Palu Menuju Akreditasi.

Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, SE., MM saat membuka Kuliah Umum mengatakan, bahwa saat ini, salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi oleh dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya.

Dimana kinerja dosen yang selanjutnya menjadi kinerja jurusan, fakultas dan perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh seberapa luas dan berkualitasnya publikasi para dosen tetapnya.

Tuntutan publikasi yang dilakukan komunitas akademik Perguruan Tinggi kata rektor memberikan dampak yang cukup besar terhadap kesadaran para dosen melakukan kajian, penelitian serta menulis karya ilmiah.

Merujuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Nomor 17 Tahun 2013, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014, kenaikan jenjang jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi di bidangnya.

Sementara itu, tujuan penerbitan jurnal kata Prof Dr. Irwansyah, S.H., M.H antara lain meregistrasi kegiatan kecendekiaan, menyertifikasi hasil kegiatan yang memenuhi persyaratan ilmiah, mendiseminasikannya secara meluas kepada khalayak, dan terakhir untuk mengarsipkan semua temuan hasil kegiatan kecendekian ilmuwan.

Namun katanya, harus bisa dipahami, bahwa penerbitan jurnal itu juga memiliki tantangan yang harus bisa diperhatikan, mulai dari kualitas naskah, SDM pengelola, standar tata kelola, dan yang terakhir adalah dukungan kebijakan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Dr. Rafiuddin Nurdin menguraikan, bahwa kuliah umum tersebut memang hanya ditujukan kepada para pengelolah jurnal, dengan harapan agar peserta dan pemateri lebih fokus.

“Biasanya kalau hanya sedikit itu lebih fokus, karena memang ini sangat penting, kita berharap selesai kuliah umum ini peserta bubar dan ada hasilnya, jangan sampai bubar peserta hasilnya gak ada,”jelas Rafiuddin. AMI

- A d v e r t i s e m e n t -

Balas

Email tidak akan dipublikasikan