Perekat Rakyat Sulteng.

Enjoy a Spacious Driving Comfort

Enjoy a Spacious Driving Comfort

Pemda Poso Siapkan Tempat Cuci Tangan

Ajak Masyarakat Hidup Bersih

0 57

SULTENG RAYA – Dampak penyebaran virus Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia, mengharuskan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu cara agar terhindar dari virus berbahaya itu, adalah dengan rajin mencuci tangan. Karena itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso mulai mengalakkan budaya mencuci tangan dengan menggunakan cairan disinfektan.

Salah satu upaya Pemda Poso untuk memasyarakatkan budaya cuci tangan adalah dengan memasang tong berisi air bersih yang dilengkapi hand sanitizer di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian dalam kota Poso.

Sejumlah lokasi yang telah dipasangi fasilitas cuci tangan ini adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cerdas Maroso dan lapangan alun-alun Sintuwu Maroso Poso. Di lokasi RTH, Pemda Poso menyiapkan dua unit tempat cuci tangan yang tepat berada di dekat para pedagang sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja yang melintas.

Untuk di lapangan alun-alun Sintuwu Maroso, terdapat empat fasilitas sarana cuci tangan yang disiapkan bagi para pengunjung, yang terpasang dekat dengan air mancur. Selain itu, fasilitas ini juga terdapat di lokasi lapangan kota Tentena dengan dua fasilitas yang sama.

Bupati Poso, Darmin Sigilipu saat berada di lokasi penyediaan cuci tangan, Senin (23/3/2020) mengatakan, kedepannya jumlah fasilitas cuci tangan ini akan ditambah sesuai kebutuhan. “Saya juga sudah menginstruksikan semua OPD untuk mneyediakan sarana cuci tangan di setiap kantor untuk mengantisipasi peredaran virus corona. Selain yang sudah ada ini, kami akan menambah lagi fasilitas cuci tangan ini di beberapa tempat yang banyak dikunjungi masyarakat,” kata Darmin yang juga melakukan cuci tangan perdana di lokasi RTH didampingi Kadis PUPR Poso Faidul Keteng.

Bupati mengaku, fasilitas cuci tangan di tempat umum ini mencontoh dari apa yang sudah dilakukan Pemda Surabaya Jawa Timur. “Kendati di Poso ini belum ada warga yang positif terpapar Corona, namun kita harus senantiasa waspada dari ancaman virus mematikan ini. Tapi ingat, warga-warga tidak boleh panik dan takut, namun harus tetap waspada dengan cara selalu menjaga kebersihan diri. Salah satunya dengan sering melakukan cuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter dengan lainnya,” ujarnya mengingatkan.

Saat ini lanjut Darmin, Dinas Kesehatan Poso bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Poso juga sudah membuat cairan hand sanitizer yang siap dibagikan ke kantor-kantor dan ruang publik yang ada.

Sementara, Kadis PUPR Poso Faidul Keteng yang ditemui di lokasi RTH juga mengatakan, pihaknya akan menambah fasilitas cuci tangan di sejumlah lokasi ruang publik dalam kota Poso dan Tentena. “Pemerintah daerah akan berupaya menambah jumlah fasilitas cuci tangan ini bagi masyarakat sebagai bentuk kepedulian kita terhadap pencegahan Covid-19 agar perkembangannya dapat dicegah sedini mungkin,” tuturnya. SYM

Balas

Email tidak akan dipublikasikan