Perekat Rakyat Sulteng.

Drive Unlimited Way

Enjoy a Spacious Driving Comfort

MUI Banggai Serukan Salat Jumat Dihentikan Sementara

0 84

SULTENG RAYA  – Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Banggai menyerukan kepada umat Islam di daerah ini untuk sementara waktu agar tidak menyelenggarakan salat jumat berjamaah di masjid dan bisa menggantikannya dengan salat dzuhur berjamaah di rumah masing – masing.

Anjuran itu tercantum dalam surat edaran ( SE ) MUI Kabupaten Banggai bernomor 078/MUI/BGI/III/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadinya wabah Virus Corona atau Covid-19 di wilayah kabupaten Banggai. Surat edaran itu ditandatangani ketua umum MUI Banggai,Zainal Abidin Alihamu dan sekretaris umum , Zaenal Abidin tertanggal 26 Maret 2020.

Dalam surat edaran ada lima poin yang disampaikan dalam surat edaran tersebut. Pertama, pemerintah wajib melakukan pembatasan superketat terhadap keluar masuknya orang dan barang, kecuali petugas medis dan yang berkepentingan serta barang kebutuhan pokok dan keperluan emergency.

MUI Banggai juga menyerukan kepada umat Islam untuk sementara waktu agar tidak menyelenggarakan salat Jumat dan menggantinya dengan salat dzuhur berjamaah di rumah masing masing. Dan dengan adanya wabah virus Corona ini , umat Islam diminta untuk agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat ,istighfar, zikir dan membaca qunut nazilah setiap sholat fardhu. Umat islam juga diminta  senantiasa berdoa kepada Allah SWT  agar diberikan keselamatan dari musibah wabah virus corona .

Ketua MUI Banggai, Zainal Abidin Alihamu juga mengatakan andaikan masih ada masjid yang tetap melakukan salat Jumat, artinya hal tersebut sudah terputus dari imbauan MUI. Karena tugas MUI telah meneruskan amanah tersebut dan demi menghindari adanya virus Corona ini.

“Jadi sekali lagi mengharapkan agar semua umat Islam yang ada di Kabupaten Banggai bisa memahami atas kondisi saat ini,” jelasnya. MAM

Balas

Email tidak akan dipublikasikan