Perekat Rakyat Sulteng.

Kana Mapande, Sejalan Pendidikan Karakter

0 118

SULTENG RAYA – Kepala Sekolah SDN 1 Lolu, Frans Ferdinand, mengatakan, pendidikan karakter paling penting dalam mewujudkan siswa berkualitas sesuai program kana mapande yang dicanangkan Walikota Palu.

Menurut Frans, melalui program ini, perkembangan karakter siswa terlihat mengalami perubahan yang signifikan. Dimana siswa setiap harinya menunjukkan sikap sopan santun kepada guru dan teman-temannya.

“Kami sangat mengapresiasi dengan adanya program ini. Bahkan, visi kami sesuai dengan program kana mapande,” kata Frans saat ditemui Media ini di ruangan kerjanya. Kamis (23/3/2017).

Dia menambahkan, untuk membentuk karakter siswa dibutuhkan penguatan nilai-nilai agama, salah satunya Dzikir pagi hari setiap hari jum’at untuk yang beragama muslim, agama Kristen ibadah, demikian juga agama Hindu dan Budha dapat menyesuaikan. “Kami melihat, melalui program ini, walikota menginginkan sesuatu yang berbeda dari yang lain, yaitu karakter siswa,”tambahnya.

Lebih jauh lagi, dzikir pagi setiap jum’at dilakukan secara rutin. Dalam aktivitas tersebut, kepala sekolah selalu memberikan arahan tentang nilai-nilai agama.

“Program ini memang program sudah dijalankan setiap sekolah. Tapi, kami berupaya menunjukkan hasil yang berbeda dari Sekolah lain,”tuturnya.

Dirinya menegaskan, program ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa. Maka dari itu, setiap guru harus berperan mewujudkan karakter siswa seperti yang diharapkan. “Yang paling terpenting, pendidikan karakter harus jadi prioritas. Sehingga program kana mapande ini bisa terwujud, salah satunya melalui dzikir bersama,” ujarnya. RAF

- A d v e r t i s e m e n t -

Balas

Email tidak akan dipublikasikan