Perekat Rakyat Sulteng.

Drive Unlimited Way

Enjoy a Spacious Driving Comfort

Jenguk Wabin, Keluarga Difasilitasi Video Call

0 29

SULTENG RAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng), Lilik Sujandi mengupayakan untuk memfasilitasi keluarga warga binaan (Wabin) dengan video call.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah mengenai social distancing.

“Akan diupayakan kunjungan kepada warga binaan dengan video call. Para pengunjung yang akan bertemu dengan keluarganya tidak diberi akses langsung akan tetapi difasilitasi dengan video call oleh petugas di Rutan dan Lapas,  sehingga, keluarga bisa melakukannya dari rumah, video call nantinya akan diterapkan dalam waktu sepekan ini,” kata Kakanwil, Senin (23/3/2020).

Kepala Kantor Wilayah pun meminta, kepada setiap Kepala Rutan dan Lapas agar mempersiapkan metode baru ini. Selain itu, dalam hal terburuk, Kepala Kantor Wilayah telah menyiapkan ruang isolasi sementara apabila terdapat tahanan menunjukkan gejala-gejala tertular virus tersebut.

“Dan khusus keimigrasian, terdapat layanan online yang disediakan, jadi masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi kecuali ada hal penting,” ucap mantan Kakanwil Kemenkumham Aceh itu.

Kakanwil juga telah memerintahkan, kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan dan Imigrasi untuk dapat melakukan langkah-langkah strategis yang efektif untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh UPT se-Sulawesi Tengah, guna memastikan semua petugas baik di kantor wilayah maupun di unit pelaksana teknis mampu memberikan perlindungan diri dari tertularnya virus tersebut.

Instruksi tersebut kemudian direspon oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah dengan melakukan langkah-langkah diantaranya melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara rutin yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, melakukan social distancing, jaga jarak pada saat kunjungan terhadap tahanan, melakukan pembatasan terhadap tahanan keluar masuk baik untuk pemeriksaan maupun persidangan dengan berkoordinasi dengan penegak hukum lain, pembesuk dan pegawai serta tahanan yang akan masuk ke dalam lapas/rutan akan diperiksa suhu badan, dan tidak akan bisa masuk ketika suhu badan di atas 35 derajat celcius, sesuai dengan instruksi Dirjen Pemasyarakatan. YAT

Balas

Email tidak akan dipublikasikan