Perekat Rakyat Sulteng.

Ciptakan Masyarakat Cerdas

0 115

SULTENG RAYA -Seribuan pelajar gabungan terdiri dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK serta Mahasiswa secara serentak menggelar aksi gerakan gemar membaca. Gerakah gemar membaca yang dilakukan pemerintah daerah kabupaten Poso melalui Dinas Perpustakaan dan kearsipan, dilakukan dalam rangka menumbuh kembangkan budaya gemar membaca masyarakat menuju kota poso cerdas.

Kegiatan yang digelar di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Poso (23/03) itu, juga di hadiri Dandim 1307 poso Letkol Inf. Dedy Triyono Hadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso Suharto Kandar bersama anggota, para pejabat di lingkungan pemerintah daerah kabupaten poso, para kepala sekolah bersama dewan guru, seluruh pelajar TK, SMP, SMA, Mahasiswa dan komunitas Poso membaca se kabupaten Poso

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Poso selaku panitia mempersiapkan seluruh buku untuk dibaca, mulai dari buku kurikulum pendidikan sekolah, buku cerita pendek hingga buku tentang sejarah kota Poso. Para peserta aksi diberi kesempatan untuk membaca selama dua hari, terhitung tanggal 23 tanggal 24 Maret 2017.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia penyelenggara, dalam hal ini dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Poso, yang telah mengagendakan kegiatan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya para anak-anak usia sekolah.

“Bahwa buku adalah jendela dunia ilmu dan pengetahuan, dapat diperoleh sebagai bekal hidup dimasa depan, karena kunci ilmu pengetahuan adalah membaca, orang yang malas membaca tentu kurang ilmu yang dimiliki sehingga wawasan dan pengetahuannnya terbatas” terang Darmin dalam sambutannya.

Diakhir sambutannnya, Bupati Darmin Agustinus Sigilipu juga menyampaikan bahwa launcing gerakan poso membaca merupakan salah satu langka cerdas dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan, sehingga momen ini sangat penting untuk kita dukung bersama seluruh stakeholder, bahkan seluruh masyarakat Kabupaten Poso demi kemajuan negeri, bangsa dan daerah tercinta.

“Mari kita sama-sama membudayakan gemar membaca dan kita tularkan kepada anak-anak kita sebagai generasi pelanjut masa depan bangsa tanamkan disiplin yang tinggi dengan membiasakan membaca buku atau bacaan apa saja yang bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan,” kata Bupati

Salah seorang peserta, Ainun, pelajar asal MTsN Poso Kota, mengaku senang bisa bergabung dan membaca semua jenis buku, yang selama ini tidak pernah didapatkan di sekolah. Dia berharap kegiatan tersebut menjadi motivasi dirinya dan teman-teman peserta yang lain untuk membiasakan diri dalam membaca buku.

Untuk memeriahkan suasana aksi gerakan gemar membaca se-Kabupaten Poso tersebut, pihak panitia juga mengikut sertakan para anak-anak TK dalam kegiatan lomba melukis dan lomba pidato. Agar kegiatan tersebut tidak terputus, pihak pemerintah daerah bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam setiap pekan, secara rutin dan bertahap akan mendatangi masing-masing sekolah dengan menggunakan Bus Perpustakaan Keliling.SYAM

- A d v e r t i s e m e n t -

Balas

Email tidak akan dipublikasikan