Perekat Rakyat Sulteng.

Enjoy a Spacious Driving Comfort

Enjoy a Spacious Driving Comfort

BMM – Amway Resmikan Rumah Harapan dan Fasilitan Air Bersih

DMZ DESA OTI RAMPUNG

0 216

SULTENG RAYA – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) bersinergi dengan Yayasan PT. Amindoway Jaya (Amway) meresmikan bantuan sosial dalam program Dusun Zakat Muamalat (DZM) berupa 82 unit rumah harapan, 11 titik fasilitas air bersih di Desa Oti Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala, Kamis (6/2/2020).

Program DMZ juga sekaligus meresmikan fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) dan satu madrasah di lokasi tersebut. Sejumlah bantuan fasilitas di desa Oti itu dirasakan sebanyak 350 orang yang terdampak bencana dua tahun lalu.

Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan kepada awak edia mengatakan bahwa project rehabilitasi pascabencana BMM memang dikonsentrasikan di Kabupaten Donggala dengan beberapa desa disekitarnya sudah merasakan manfaat dari penghimpunan dana zakat para pegawai Bank Muamalat.

Program DMZ di Desa Oti sendiri telah dikerjakan sejak Juli hingga Desember 2019. Adapun total anggaran yang disalurkan sebesar Rp2.227.405.011.

Sementara, untuk fasilitas air bersih berupa 11 titik sumur bor digagas oleh Amway karena sesuai dengan program mereka yakni power of five tentang gizi kurang yang sangat erat kaitannya dengan pemenuhan air bersih di Kabupaten Donggala.

Program rehabilitasi pascabencana bukan sekedar pembangunan hunian fisik, diharapkan nantinya masyarakat memiliki tujuan yang lebih jauh untuk membangun masyarakat yang memiliki spiritual keislaman yang baik, peradaban, sekaligus pemberdayaan ekonomi.

Untuk itu, BMM juga memberikan pendampingan kepada masyarakat Desa Oti dengan menghadirkan dai atau pemuka agama untuk membimbing masyarakat desa. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat kembali bangkit setelah musibah yang menimpa mereka dan dapat lebih semangat dalam menjalani hidup.

“Program DZM merupakan program jangka menengah yang memerlukan sumber daya tidak kecil. Oleh karena itu, sinergi dengan berbagai pihak dan adanya pendayagunaan merupakan keniscayaan untuk suksesnya program ini. Terima kasih saya sampaikan untuk berbagai pihak yang telah bekerja sama dengan BMM, khususnya Amway Indonesia. Semoga sinergi ini dapat kita lanjutkan dalam program-program kemanusiaan dan pemberdayaan lainnya,” kata Teten Kustiawan

“Pembangunan infrastruktur ini merupakan awal dari Program DZM yang mencakup bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Dengan pembangunan infrastruktur ini diharapkan kebutuhan darurat masyarakat terpenuhi dan memiliki semangat untuk kembali bangkit dan menjadi masyarakat yang lebih baik dan sejahtera,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Head of Marketing & Communication Amway Indonesia, Dharmaparayana S mangatakan, hampir seluruh masyarakat Desa Oti tidak memiliki fasilitas MCK dan fasilitas air bersih sehingga inisiatif itu digagas dan terealisasi.

“Sudah menjadi visi Amway untuk membantu orang mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan dengan kerjasama yang kami jalin Bersama Laznas Baitulmaal Muamalat, kami harapkan masyrakat di wiliyah Desa Oti dapat memiliki kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, terutama dengan terpenuhi kebutuhan mendasar mereka atas air bersih,” katanya.

Turut hadir dalam peresmian, Bupati Donggala, Kasman Lassa. Dalam sambutannya, bupati mengatakan, pemberian bantuan dari BMM dan Amway, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat sehingga segala kebutuhan dapat terpenuhi.

“Kami ucapkan terima kasih untuk mitra kami membangun kualitas masyarakat dan dengan fasilitas ini, semoga masyarakat dapat merasakan keberadaan lembaga-lembaga yang peduli dengan kondisi kita disini,” tutur Bupati. RHT

Balas

Email tidak akan dipublikasikan