Perekat Rakyat Sulteng.

Enjoy a Spacious Driving Comfort

Drive Unlimited Way

BKKBN Instruksikan PKB-PLKB Bantu Pemerintah Edukasi Masyarakat

Cegah Penyebaran COVID-19

0 64

SULTENG RAYA – Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah mengarahkan para penyuluh kaluarga berencana/petugas lapangan keluarga berencana (PKB/PLKB) di seluruh kecamatan di daerah itu turun ke lapangan mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulteng, Maria Ernawati, mengatakan, langkah tersebut merupakan bentuk upaya untuk membantu Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Sulteng.

Sebagai petugas yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, PKB/PLKB juga diminta untuk menyampaikan bahaya Covid-19, sehingga masyarakat dapat memahami serta mengerti proses penularan dan bahaya Covid-19. Harapannya, masyarakat dapat lebih waspada dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Sesuai arahan BKKBN Pusat maupun kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, untuk sementara, penyuluh KB kita imbauk tidak melakukan penyuluhan mengumupulkan orang banyak. Tetapi, karena tugasnya untuk penyuluhan, tetap melakukan penyuluhan secara individual saja. Kami juga memberikan materi kepada PKB untuk penanganan Covid-19. Dengan catatan, mereka harus safety,” kata Kaper Erna, sapaan akrab Maria Ernawati kepada sejumlah wartawan di Kantor Pewakilan BKKBN Sulteng, Selasa (24/3/2020).

Selain PKB/PLKB yang ada di setiap kecamatan, pihaknya juga mengarahkan para kader KB di seluruh kelurahan dan desa se-Sulteng untuk melakukan edukasi serupa.

“Diharapkan, masyarakat betul-betul bisa melakukan protek atau perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti yang diharapkan Pemerintah. Seperti, rajin mencuci tangan dengan sabun dan sebagainya. Kader KB kami terdapat di semua desa dan kelurahan. Semoga edukasi PKB/PLKB dan kader KB dapat membantu pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Diketahui, hingga kini Sulawesi Tengah masih nihil kasus Covid-19, namun lebih baik mencegah dari pada menunggu ada. Hal tersebut juga sesuai keinginan Pemerintah. Pencegahan hanya dapat berhasil secara penuh jika mendapat dukungan semua pihak, terutama masyarakat.

Menyikapi mewabahnya Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia, masyarakat di Sulteng diminta tidak panik, tetapi tetap waspada. Caranya, masyarakat harus rajin mencuci tangan dengan sabun, khususnya saat tiba di rumah. Kemudian, sebisa mungkin masyarakat menghindari tempat keramaian sementara waktu. Selanjutnya, jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya tinggal di rumah.

Selain itu, masyarakat yang merasa mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk, sesak nafas, sebaiknya langsung memeriksakan kesehatan pada fasilitas kesehatan di wilayah masing-masing.

Bagi masyarakat yang baru tiba dari luar negeri maupun dari luar daerah, sebaiknya tidak langsung ke rumah, namun sebaiknya langsung ke rumah sakit mengecek kesehatan. Tepenting, tetap jaga kebersihan lingkungan.

Ingat lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mari bersama mencegah Covid-19 masuk ke Sulteng. Bersama kita bisa. HGA

Balas

Email tidak akan dipublikasikan