Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Tolitoli Sosialisasi Penerimaan PPK, PPS dan KPPS 

46

SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli menggelar sosialisasi penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada tahapan Pilkada Tolitoli, Senin (13/1/2020).

Dalam sosialisasi itu, dikemas dalam bentuk diskusi dengan menghadirkan narasumber dari KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua KPU Kabupaten Tolitoli, Suleman Pajalani mengatakan, sangatlah penting dilaksanakannya kegiatan ini mengingat pelaksaan pilkada serentak sudah menghampiri pelaksanaanya. “Maka dari itu kami pihak KPU Tolitoli sudah wajib mempersiapkan hal-hal penting yang menyangkut dalam pelaksanaan  pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli mendatang,” katanya.

Dikatakannya, sosialisasi itu sangat penting dilakukam secara masif melalui para penyelenggara mulai PPK hingga KPPS, karena penyelenggara di tongkat kecamatan dan desa merupakan pilar penopang kerja KPU dalam mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli 2020.

Sementara, Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemili, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Sulawesi Tengah, Sahran Raden mengatakan, untuk penyelenggara di tingkat Adhock adalah PPK, PPS dan KPPS. Namun, perekrutan para calon anggota PPK, PPS dan KPPS tidak luput juga dari aturan PKPU No 8 Tahun 2019.

“Untuk peraturan persyaratan tidak memilih kembali penyelenggara yang pernah terlibat dalam dua kali periode pelaksanaan pemilu, yang bertujuan agar terjadi regenerasi penyelenggara di tingkat bawah,” kata Sahran Raden.

Pembatasan dua periode yang dimaksud kata Sahran Raden, dimana penyelenggara yang pernah terlibat sebagai penyelenggara dalam kurun waktu pemilu tahun 2009-2014 dan 2014-2019 tidak dapat dipilih kembali sebagai penyelenggara. “Makanya peraturan disosialisasikan lebih awal agar semua bisa bersiap diri menyongsong Pilkada Tolitoli Tahun 2020 nanti,” jelas Sahran.

Diketahui, dalam sosialisasi itu dihadiri para peserta dari berbagai kalangan, baik dari pengurus parpol, pelajar, mahasiswa, LSM, Pemda Tolitoli, tokoh masyarakat dan sejumlah wartawan. TAM

Leave A Reply

Your email address will not be published.