Perekat Rakyat Sulteng.

ASN Harus Siap Mental Hadapi Pensiun

45

SULTENG RAYA – Sebelum memasuki purnabakti atau masa pensiun, Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah harus mempersiapkan diri, baik mental, kemampuan, aktivitas baru serta keterampilan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri L Sawayah, mengatakan, pensiun merupakan masa pemutusan hubungan kerja (PHK), yakni berakhirnya masa kerja atau masa perubahan dari Aparatur sipil negara (ASN) menjadi masyarakat biasa.

“Cepat atau lambat, semua PNS akan memasuki masa pensiun. Oleh karena itu, PNS yang akan menjalani pensiun perlu dipersiapkan mental, kemampuan dan ketrampilan lain yang dapat dipakai sebagai modal dalam hidup lingkungan yang baru,” kata Sekkot Asri pada kegiata sosialisasi ketaspenan dan wirausaha bagi ASN Kota Palu untuk batas usia pensiun di salah satu di Palu, rabu (4/12/2019).

Pandangan lain, kata Asri, pensiun perlu disiapkan, karena saat menjalani masa pensiun, seseorang akan mengalami beberapa perubahan tidak terduga serta menghadapi situasi  penuh  ketidakpastian akibat perubahan masa transisi pensiun.

“Semoga melalui kegiata ini, para peserta mampu menyerap ilmu mengenai aspek-aspek untuk persiapan pensiun. Antara lain, aspek ekonomi, aspek psikologi, aspek sosial dan aspek fisik berkaitan dengan kesehatan dan mengatur pola makan,” katanya.

Turut hadir, Kepala PT Taspen(persero) Cabang Palu, Imam Syariat dan Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Cabang Palu, I Wayan Edy Santika.HGA

Leave A Reply

Your email address will not be published.