Perekat Rakyat Sulteng.

Aliansi Laki-laki Peduli Perempuan dan Anak Siap Dibentuk

20

SULTENG RAYA – Berawal dari pentingnya pelibatan kaum adam atau laki-laki dalam upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak di Sulawesi Tengah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Sulteng mencanangkan pembentukan Aliansi Laki-laki Peduli Perempuan dan Anak.

Kepala DP3A Sulteng, Ihsan Basir, mengatakan, aliansi tersebut sebagai wadah bagi laki-laki yang mendukung penghapusan kekerasan perempuan dan anak di Sulteng.

“Bukan hanya perempuan, laki-laki juga perlu diberikan wadah agar bisa berpartisipasi menghapus kekerasan perempuan dan anak,” katanya kepada media ini, Selasa (3/12/2019).

Ihsan beralasan, kaum laki-laki memiliki peran penting dalam penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Apalagi, laki-laki yang notabene merupakan pemimpin keluarga, sangat menentukan terciptanya kehidupan yang damai tanpa ada kekerasan.

“Beberapa waktu yang lalu, kami menggelar kegiatan dialog interaktif dan narasumbernya adalah kaum adam. Dalam dialog itu, narasumber menginisiasi gerakan menyusui dini. Ini salah satu contoh mengapa harus ada laki-laki,” jelasnya.

Terkait rencana pencanangan aliansi tersebut, saat ini masih dalam tahap proses pembentukan. Ihsan menggambarkan, keanggotaan dalam aliansi tersebut merupakan laki-laki dari berbagai latar belakang dan profesi.

“Mulai dari pejabat, pegawai hingga pemuda atau mahasiswa bisa bergabung,” jelasnya.

Untuk program kerja dari aliansi kaum adam itu, tidak jauh berbeda dengan lembaga keperempuanan lainnya. Hanya saja, banyak didominasi edukasi dalam bentuk dialog interaktif. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.