Perekat Rakyat Sulteng.

Dispursipda Optimalkan Promosi ke Sekolah

DORONG MASYARAKAT MINAT BACA BUKU

20

SULTENG RAYA – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispursipda) Kota Palu, Presy Tampubolon siap mengoptimalkan pelayana dan promosi ke masyarakat untuk meningkatkan minat baca buku.

Salah satu program yang kini sedang direncanakan, pihaknya bakal mengunjungi perpustakaan-perpustakaan sekolah di Kota Palu.

“Selain untuk promosi, imbauan dan kunjungan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat dan anak-anak untuk membaca buku dan ke perpusatakaan,” kata Presly Tampubolon kepada Sulteng Raya, Selasa (3/12/2019).

Diakuinya, Dispursipda Kota Palu mencatat, minat baca masyakat di Kota Palu masih rendah. Minimnya minat baca masyarakat masih menjadi tantangan atau pekerjaan rumah bagi Dispursipda Kota Palu.

“Perlu kalian ketahui, meningkatkan minat baca masyarakat bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, hal yang utama kami coba tingkatkan yaitu pelayanan dan promosi,” katanya.

Menurutnya, umumnya masyarakat di Kota Palu cenderung membaca dan mencari pengetahuan melalui telepon pintar atau smartphone, daripada membaca buku.

Melihat kondisi itu, Presly berupaya untuk meningkatkan pelayanan, mulai dari tingkat kualitas literatur, penyediaan bahan bacaan sesuai dengan tingkat kebutuhan masyarakat, meningkatkan bahan literatur perpustakaan serta menyediakan bahan bacaan nonfisik atau berjejaring internet.

“Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan, tentunya Dinas Perpustakaan Kearsipan Daerah Kota Palu harus melakukan promosi kepada masyarakat, yakni dengan cara mengimbau masyarakat untuk membaca buku serta mendatangi perpustakaan di tiap sekolah di Kota Palu. Yang pasti, kita akan berupaya untuk menjadikan masyarakat agar lebih gemar membaca,” ucapnya. CR3

Leave A Reply

Your email address will not be published.