Perekat Rakyat Sulteng.

Mahasiswa FK Unisa Presentasi Hasil Penelitian di Bangkok

23

SULTENG RAYA- Salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, H.S Salim bin Alwi bin Saggaf Aljufri, telah berhasil mempersentasikan hasil penelitiannya di bidang parasitologi, mewakili Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu, pada acara 51st APACPH Conference di Bangkok, Thailand tanggal 20-22 November 2019.

Dosen Pembimbing, dr. Wijoyo Halim yang turut mendampingi Salim di Thailand mengatakan, acara ini merupakan acara public health yang diadakan oleh Mahidol Faculty of Public Health yang diikuti oleh berbagai negara di Asia Pasifik, membahas tentang Sustainable Development Goals (SDG).

Presentasi poster penelitian oleh Salim tentang parasitologi (Parasit) tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dengan sampel cakupan satu kota dengan mengambil Kota Palu, spesies parasit yang di periksa, dan aspek-aspek hygiene yang dinilai cukup. Hasil persentasi ini mendapatkan apresiasi dari penelitisi sejumlah negara.

Salim yang juga Mubaligh muda itu bersyukur atas peluang yang telah Allah berikan padanya, ini menjadi pengalaman berharga dalam perjalanan karirnya kedepan dan ilmu yang telah diperolehnya bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menitipkan pesan kepada adik tingkatnya yang saat ini masih menempuh pendidikannya (perkuliahan) untuk menikmati segala prosesnya, melakukan yang terbaik semaksimal mungkin, nilai bukan hanya sekadar angka-angka, melainkan menjadi tolak ukur usaha dan tekat seorang mahasiswa.

Namun yang terpenting kata Salim, ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah harus mampu membentuk karakter, melatih kemandirian, kejujuran, etos kerja, totalitas, pengalaman dan empati.

Menurut hemat pria berkacamata itu, ketika lulus, kesuksesan itu tidak hanya ditentukan lewat angka-angka di kertas selembar, tapi kesuksesan ditentukan dari seberapa banyak pengalaman dan capaian yang anda dapatkan selama di bangku kuliah.

Salim bin Alwi Aljufri adalah salah satu mahasiswa berprestasi yang dimiliki Fakultas Kedokteran Unisa. Salah satu kegiatan Internasional yang diikutinya pada bulan Maret-April 2018 adalah Hold My Hand Winter Project di Eskisehir-Turki, program magang di Rumah Sakit Pendidikan di Eskisehir Osman Gazi Universitesi (ESOGU – Teaching Hospital) di bagian Pediatri/anak, Bedah, dan Onkologi/Kanker.

Sebelumnya, Putera H.S Alwi bin Saggaf Aljufri ini telah resmi menyandang status dokter muda dengan gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Ia diambil sumpahnya bersama 10 orang Sarjana Kedokteran lainnya dan 20 Dokter disalah satu hotel di Kota Palu pada akhir September 2019 lalu. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.