Perekat Rakyat Sulteng.

Pangalasiang, Potensi Wisata Baru di Donggala

62

Tidak heran jika Donggala telah dinobatkan sebagai kota wisata pertama di Sulawesi Tengah (Sulteng), karena memiliki keindahan alam yang memukau, mulai dari pantai hingga pulau-pulau kecilnya.

Oleh: Situr Wijaya/Sulteng Raya

 

NUSANTARA memang tidak ada habis-habisnya soal keindahan alam, kali ini yang memiliki potensi wisata alam pantai dan pulau memukau ada di Desa Pangalasiang, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala.

Desa yang terletak di pelosok Donggala bagian utara itu memang belum begitu banyak dikenal wisatawan soal potensi wisatanya, namun ternyata desa kecil ini menyimpan banyak keindahan alam yang memukau.

Jika kita berkunjung ke desa ini, jangan lupa ke dermaga kecil di ujung desa untuk menyewa perahu kecil untuk menikmati keindahan alam sekitar Desa Pangalasiang.

Setelah itu, anda akan disajikan pemandangan yang cukup menarik di bibir laut, selain itu kita juga bisa menikmati gugusan karang dan pasir putih serta hutan-hutan yang menawan di sekeliling pantai di desa ini.

Tidak begitu mahal untuk menyewa perahu kecil hanya kisaran Rp100 ribu saja sudah bisa menikmati pesisir desa. Selain itu ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Maputih juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Pasir putih menghampar dan warga-warga penghuninya yang ramah-ramah siap menyambut siapa saja yang akan datang ke tempat ini untuk berwisata. Cocok untuk wisata akhir pekan, selamat berlibur.

Jamal, salah seorang warga yang juga calon Kades Pangalasiang belum lama ini sempat memperbincangkan soal potensi wisata alam pulau maputi. “Masyarakat mendorong jika saya jadi kades kedepan, sekeliling pulau dibangun jalan lingkar, untuk minat wisatawan,” kata Jamal.

Jamal menjelaskan, dari bukit di pulau maputih, potensi wisata pasir putih sangat terlihat jelas, sehingga kata dia sangat perlu dikembangkan untuk meningkatkan penghasilan desa dan kabupaten tentunya.

“Banyak anak-anak kemping disana bisanya di waktu-waktu tertentu,” ujarnya.****

Leave A Reply

Your email address will not be published.