Perekat Rakyat Sulteng.

Ciptakan Situasi Kamtibmas Jelang Pilkades

FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT DIBENTUK

35

SULTENG RAYA – Polres Donggala bersama Kodim 1306/Dgl, serta pemerintah setempat membentuk Forum Kewaspadaan Dini di masyarakat.

Kapolres Donggala, AKBP Dadan Wahyudi yang diwakili Kasat Intelkam Iptu Musa mengatakan, pembentukan forum itu melalui workshop dengan mengambil tema pembentukan forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) kecamatan kita tingkatkan peran deteksi dini dan cegah dini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menyongsong Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Donggala.

Iptu Musa berharap, masyarakat dapat bersinergitas dengan pihak Kepolisian, pihak TNI serta pemerintah daerah untuk bersama-sama menjaga keamanan, karena tanggung jawab keamanan bukan hanya dari Kepolisian saja namun membutuhkan peran aktif dari semua elemen masyarakat dengan memberikan informasi yang akurat tentang terjadinya sebuah tindak pidana atau ancaman gangguan kamtibmas.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Donggala, Tafip mengatakan, kewaspadaan dini masyarakat sebagai kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyatakat dalam menghadapi potensi maupun indikasi bencana ideologi dan politik ekonomi, budaya serta kamtibmas, dengan upaya menjalin silaturahmi dilingkungan masyarakat, jalin komunikasi dengan baik di lingkungan sehingga dapat dibina menjadi petugas keamanan.

“Memanfaatkan modal sosial yang ada dalam masyarakat, seperti pengajian, PKK, Karang taruna dan Risma dan mengetahui seluruh identitas warga yang tinggal di lingkungan sekitarnya baik tamu/warga baru sedini mungkin harus melaporkan keberadaannya,” ucap Tafip yang juga hadir pada pembentukan forum itu di kantor Camat Sirenja.

Diketahui, berbagai materi yang telah disampaikan baik dari Perwira penghubung Kodim 1306/Dgl, Kepala Bagian Kesbangpol, dan Kasat Intelkam Polres Donggala, yang intinya forum tersebut merupakan ujung tombak dalam pengumpulan informasi terkait potensi ancaman, membantu instrumen Negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana, dengan prinsip kerja yakni temu cepat, lapor cepat, deteksi dini dan cegah dini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala badan Kesbangpol Donggala, Tafip, Pabung Kodim 1306/Dgl, Mayor Infanteri Amrullah, Kasat Intelkam Res Donggala Iptu Musa, Kapolsek Sirenja, Iptu Pahotan Sitohang, Camat Sirenja, Hasran, Kasi Trantib Sirenja, para Kades se–Kecamatan Sirenja, para Sekdes se–Kecamatan Sirenja, serta tokoh masyarakat. */YAT

Leave A Reply

Your email address will not be published.