Perekat Rakyat Sulteng.

Wartawan Dinilai Mitra Strategis BPS

SENSUS PENDUDUK 2020

16

SULTENG RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Tengah terus merangkul stakeholder dalam upaya mensukseskan sensus penduduk pada 2020 mendatang.

Insan pers dalam hal ini wartawan dinilai menjadi salah satu mitra strategis untuk menyajikan informasi untuk menggairahkan keinginan masyarakat menyambut baik sensus.

“Kita berharap dari momentum kali ini, apa yang diinformasikan dari BPS dapat tersampaikan melalui teman-teman (wartawan). Informasi dari kami yang disampaikan wartawan akan menambah tingkat kepercayaan masyarakat, khususnya untuk kesuksesan sensus 2020 mendatang,” kata Kepala BPS Sulteng, Faizal Anwar dalam sambutannya pada kegiatan Workshop Wartawan Provinsi Sulteng 2019 dengan tema ‘Sinergitas Peran Media dalam Mensukseskan Sensus Penduduk 2020 dan Penyebaran Informasi Data Statistik’ yang diikuti 25 jurnalis media cetak dan elektronik di Best Western Coco Palu Jalan Basuki Rahmat Kota Palu, Jumat (29/11/2019).

Dirinya menmabahkan, manfaat dari sensus 2020 mendatang akan sangat berpengaruh terhadap kesesuaian data menuju kolektivitas satu data Indonesia. Metode kombinasi nantinya akan menggabungkan metode registrasi basis data penduduk bersama dengan beberapa instansi penghimpun data, salah satunya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui petugas sensus.

“Data sensus menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk di seluruh Indonesia. Hasil sensus nantinya dijadikan dasar perencanaan pembangunan hingga wilayah terkecil, dan berbagai program bantuan pemerintah kepada masyarakat menjadi lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

Pelaksanaan sensus penduduk 2020 sendiri, sedianya akan dilaksanakan dua tahap. Pertama, sensus penduduk online yang berlangsung pada 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020. Selanjutnya adalah sensus penduduk wawancara mulai dari 1 Juli 2020 sampai dengan 30 Juli 2020.

“Dua tahapan ini akan berkesinambungan. Jika masyarakat ingin tidak lagi didatangi oleh petugas, disarankan mengakses sensus.bps.go.id dengan menggunakan telepon pintar atau alat akses elektronik lain. Selanjutnya, yang telah tercatat secara online tidak akan didatangi lagi oleh petugas untuk wawancara petugas untuk kepentingan pencacahan. Pastikan anda tercatat!,” tuturnya. RHT

Leave A Reply

Your email address will not be published.