Perekat Rakyat Sulteng.

YPP-SOS Childrens Village Resmikan CSS Mamboro

17

SULTENG RAYA – Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV-Indonesia bekerja sama SOS Children’s Village Indonesia meresmikian Child Care Spaces (CCS) Mamboro, di kawasan hunian sementara (Huntara), Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Jum’at (29/11/2019).

Direktur SOS Children’s Village, Gregor Hadi Nitihardjo, menyampaikan, pihaknya hadir melakukan Emergency Response Program (ERP) fokus kepada pelayanan anak dan keluarga melalui CCS atau ruang ramah anak.

“Tujuan utamanya, yakni memastikan perlindungan kepada anak, memberikan dukungan psikososial serta membantu mereka mendapatkan kebutuhan tumbuh kembang dengan ragam kegiatan edukatif, kreatif yang meringankan kesedihan dan traumatic anak-anak,” katanya.

Sebelum diresmikan, CCS telah berdiri sejak 7 bulan yang lalu dan telah digunakan sebagai aktivitas anak-anak, mulai belajar ilmu pengetahuan, bermain hingga berbagai aktivitas sosial anak-anak. Apalagi, CCS dibangun tepat berada di kawasan Mamboro, mekaim memudahkan akses anak-anak untuk memulihkan diri pascabencana.

Sebagai upaya mengembalikan keceriaan anak-anak, Hadi, menyatakan akan memperpanjang program-program pendampingan kepada anak-anak. Untuk memaksimalkan kerja-kerja tersebut,  pihaknya membutuhkan dukungan  dari pemerintah daerah.

“Kondisi anak-anak bukan hanya diperhatikan pascabencana. Tapi yang terpenting, bagaimana setelah pemulihan ini selesai. Itu jadi perhatian kami,”katanya.

Sementara itu, Ketua YPP, Imam Sudjarwo, mengatakan mengatakan keceriaan adalah modal besar agar anak-anak bisa mencapai masa depannya. Maka dari itu, kerja-kerja pelayanan tersebut diharapkan benar-benar membangkitkan keceriaan anak-anak.

“Anak anak adalah generasi penerus bangsa. Dengan pendampingan ini, anak anak bisa melupakan kejadian setahun yang lalu,” katanya.

 

DAMPINGI 1.400 ANAK

Direktur SOS Children’s Villages Indonesia, Gregor Hadi Nitihardjo, mengungkapkan memasuki Oktober 2019, tercatat lebih dari 1.400 anak dan 855 keluarga yang menjadi dampingan SOS Children’s Villages di lima lokasi CCS.

“Program yang bertajuk PaluBangkit tersebut dimulai sejak 17 Mei 2019 lalu, merupakan dukungan bagi anak dan keluarga di Kota Palu yang berada dalam dampingan SOS Children’s Villages,” ungkapnya.

Kegiatan yang bersinergi dengan program pemerintah, SOS Children’s Villages memberikan bantuan berupa pendampingan psikososial, kegiatan edukasi kepada anak-anak, edukasi pengasuhan bagi orangtua. Kemudian, pembagian Home in the Box (HIB), yakni  kotak berisi 25 item keperluan rumah tangga diantaranya kompor, tabung gas, peralatan masak, peralatan tidur dan peralatan lainnya. RAF

Leave A Reply

Your email address will not be published.