Perekat Rakyat Sulteng.

SHARP Class Gandeng SMKN 3 Palu Cetak Lulusan Berkompeten

29

SULTENG RAYA – Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Sharp Electronics Indonesia yaitu Sharp Class hadir pertama kalinya di Kota Palu, Sulawesi Tengah di penghujung November 2019. Program yang ditargetkan khusus untuk siswa dan siswi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini menggandeng SMKN 3 Palu sebagai sekolah mitra yang akan mendapatkan pelatihan keterampilan selama dua bulan lamanya dari tim Sharp Indonesia untuk mencetak lulusan yang berkompeten di bidang Audio Visual.

Pelaksanaan program Sharp Class merupakan wujud kepedulian Sharp Indonesia selaku korporasi dalam melihat kesenjangan antara jumlah siswa dan siswi lulusan kerja, kesiapan keterampilan dan mental, serta persyaratan kerja yang semakin sulit. Akibatnya, pengangguran semakin sulit dihindari dan sulit diatasi.

Oleh karena itu, sejak tahun 2012, Sharp Class bergerak mengajak berbagai SMK di beragam daerah untuk  mendaftarkan siswa dan siswinya dalam pelatihan eksklusif bersama dengan tim Sharp Indonesia.

“Sharp Class sudah menjadi salah satu program unggulan Sharp Indonesia yang kehadirannya  selalu dinantikan oleh SMK yang kami ajak kerja sama. Kesempatan untuk diajar langsung oleh tim profesional Sharp Indonesia tidak datang berkali-kali, maka dari itu, kami sangat senang apabila pihak sekolah dapat bekerja sama dengan baik. Dalam hal ini, pihak sekolah mampu melihat positif kedatangan Sharp Indonesia di sekolahnya. Semoga ilmu yang disampaikan juga bermanfaat dan dapat diserap dengan baik. Dengan demikian, kita bisa bersama-sama menciptakan lulusan yang unggul dan mampu bersaing di dunia kerja nantinya,” ujar,General Manager Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia, Ronald R. Huwae.

Penandatanganan kerja sama dan dibukanya ‘Kelas Teknik Audio Visual’ diselenggarakan pada hari Kamis (28/11/2019) diwakili oleh Ronald R. Huwae (General Manager Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia) dan Drs. Triyono, M.Pd (Kepala Sekolah SMKN 3 Palu) serta disaksikan oleh segenap pejabat pemerintah Sulawesi Tengah lainnya.

Tak hanya menyediakan kelas audio dan visual, Sharp Indonesia turut menunjang kegiatan yang berlangsung selama dua bulan ini dengan dua unit produk berupa 1 unit LED TV 40” dan 1 unit speaker active. Keduanya akan dijadikan sebagai alat praktikum bagi siswa SMKN 3 Palu.

Sharp Class sendiri akan dibawakan langsung teknisi andal dari kantor pusat maupun kantor cabang Sharp Indonesia di Surabaya. Selama berlangsungnya program, para siswa dapat menimba ilmu penting baik berupa teori maupun praktik. Materi-materi menarik lainnya seperti kepemimpinan hingga tips dan trik mengatasi permasalahan kerja secara profesional juga turut diselipkan, agar siswa mendapat gambaran mengenai dunia kerja.

“Berbeda dengan kegiatan belajar – mengajar di kelas biasanya, program Sharp Class pun kami coba kemas dengan lebih mendalam dan interaktif. Para pengajar kami telah terlatih agar tidak menyampaikan materi yang terlalu monoton seperti layaknya di sekolah. Kami sangat senang jika siswa bisa juga mempelajari hal lain di luar teori dan praktik yang kami sampaikan, kami rasa berbagi pengalaman juga tidak kalah pentingnya dari materi-materi tertulis,” imbuh Ronald R. Huwae.

Kota Palu merupakan kota pertama di Sulawesi Tengah yang digandeng Sharp Indonesia dalam membuka kelas Sharp. Selanjutnya, Sharp Class akan terus menyambangi kota-kota baru lainnya di berbagai provinsi guna memberikan pendidikan merata seputar teknik dan keterampilan bagi siswa dan siswi SMK di seluruh Indonesia.*/HJ

Leave A Reply

Your email address will not be published.