Perekat Rakyat Sulteng.

Belajar Kewirausahaan

BEM Fekon Unismuh Adakan Expo Ekonomi 2019

33

SULTENG RAYA-Memperingati Milad Ke-107 Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, dalam hal ini Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (Fekon) bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengambil inisiatif melakukan Expo Ekonomi 2019.

Mereka menjalin kerjasama dengan pelaku-pelaku bisnis yang ada di Kota Palu melakukan pasar murah di kompleks Kampus Biru Unismuh Palu, khususnya di halaman Fakultas Ekonomi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, Kamis (21/11/2019) hingga Sabtu (23/11/2019), dengan tujuan meringankan masyarakat yang terdampak bencana kemarin 2018, dimana semua produk yang dijual di pasar murah ini dibawah harga pasar. “Harganya di bawah harga pasar, sehingga betul-betul masyarakat yang terdampak gempa itu merasa terbantu, disamping juga tentu ini bisa membantu dosen dan mahasiswa,”unggap Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, usai membuka dan memantau jalannya Expo Ekonomi 2019.

Disamping itu, ini juga bagian dari upaya belajar berwirausaha sebagaimana materi kewirausahaan yang selama ini yang mahasiswa terima dari para dosennya. Ini sejalan dengan upaya universitas mendorong mahasiswa agar tidak hanya ingin menjadi pegawai negeri atau Aparat Sipil Negara (ASN), melainkan menjadi pelaku wirausaha.

“Kita mendidik dari sekarang bagaimana menjadi seorang wirausaha yang bagus, kita inginkan alumni tidak ada yang mengejar-ngejar untuk menjadi ASN, melainkan menjadi wirausaha yang baik, karena itu bisa menciptakan lapangan kerja,”jelas rektor.

Terlebih kata rektor, hampir semua prodi yang ada di kampus biru ini mengajarkan kewirausahaan, dengan harapan melalui Unismuh Palu akan bermunculan pengusaha-pengusaha muda. “ Diawali dari Fakultas Ekonomi dan akan menyusul fakultas-fakultas lainnya, bahkan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sekalipun juga diajarkan kewirausahaan, bahkan ada diantara mahasiswanya kini sudah mulai mempratekan kewirausahaan,”jelas rektor.

Di tempat yang sama, juga dilangsungkan penandatanganan MoU dengan Pegadaian diwakili langsung oleh Deputy Bisnis Pegadaian Area Palu, Yuslianto, SE.

Selain itu, hari ini (Jumat, 22/11/2019) juga dilangsungkan pembukaan kemah bakti di Kampus Biru Unismuh Palu, diikuti oleh seluruh amal usaha yang bergerak di bidang pendidikan. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.