Perekat Rakyat Sulteng.

KPU Harap Data Penduduk Segera Dilengkapi

JELANG PILKADA 2020

32

SULTENG RAYA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Divisi Teknis Penyelenggara, Iskandar Lembah berharap data penduduk  Kota Palu harus segera dilengkap sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini disampaikan pada kegiatan sosialisasi jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu 2020 di Tanaris Coffe, Selasa (19/11/2019).

“Mengapa dilakukan pendataan secara lengkap?, sebab kita ketahui bersama bahwa proses Pemilu, tidak pernah lepas dari masalah. Sehingga tindakan ini diambil guna mengurangi munculnya masalah saat berlangsungnya Pemilu,” kata  Iskandar Lembah.

Proses melengkapi data penduduk yaitu dengan cara mengumpulkan berkas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dengan memastikan bahwa pemilik KTP tersebut adalah masyarakat kota Palu. Ini dilakukan sebagai  upaya untuk mengatisipasi adanya suara ganda saat pemilihan nantinya.

Selain itu, kata dia, untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak diperbolehkan untuk menyertakan KTP PNS sebagai syarat pendukung perseorangan. Karena PNS tidak boleh terlibat saling dukung dengan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu.

“Terkait hal tersebut, pihak KPU juga telah membuat solusi sebagai tindakan pencegahan, jika ada PNS yang bersikeras dengan mengisi form pernyataan yang telah kami siapkan,” tegasnya

Mengingat pentingnya Pilkada ini, Iskandar Lembah terus menyampaikan agar mempersiapkan data para pemilih harus dipastikan kelengkapan dan kebenarannya. Sebab, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung proses pemilu berjalan sesuai dengan keinginan semua pihak. Sehingga, dapat mengurangi konsekuensi timbulnya masalah yang dapat memicu kerusuhan di masyarakat.

“Untuk itu, KPU berharap agar pihak yang terlibat dalam proses pendataan termasuk masyarakat Kota Palu, agar dapat saling bekerja sama menyukseskan Pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2020 mendatang, ” jelasnya. CR3

Leave A Reply

Your email address will not be published.