Perekat Rakyat Sulteng.

Rektor Harapkan Penulisan Jurnal Lebih Berkulitas

20

SULTENG RAYA-Penulisan jurnal para dosen Universitas Muhammadiyah Palu diharapkan lebih berkualitas, agar bisa lebih banyak lagi yang terpublikasi ke jurnal internasional, sehingga hasil-hasil penelitian dapat dilihat oleh komunitas yang lebih luas.

Karena sebagai seorang ilmuwan atau yang berkecimpung di dunia akademis, publikasi jurnal internasional sangatlah penting. Bukan hanya bertujuan untuk memperlihatkan hasil penelitian secara luas, melainkan juga sebagai tolak ukur seberapa besar reputasi dan kualitas jurnal yang dibuat.

Jurnal terpublikasi internasional juga dapat digunakan sebagai tiket untuk mendapakan beasiswa ke jenjang yang lebih tinggi. Serta menunjukkan kualitas daya saing kampus dan bangsa Indonesia di mata dunia internasional.

“Untuk itu, penulisan jurnalnya harus berkualitas, termasuk terjemahan bahasanya, agar lebih banyak lagi yang ke jurnal internasional,”kata Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr Rajidra, usai membuka kegiatan pelatihan penulisan jurnal di Aula Rektorat, Jumat (8/11/2019) Pagi.

Pelatihan seperti ini kata rektor, bukan hanya sekali ini, melainkan sudah beberapa kali dibuat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unismuh Palu, sebagai bentuk komitmen dorongan universitas agar dosen di kampus biru ini turun melakukan penelitian dan pengabdian, serta rajin melakukan publikasi jurnal di tempat-tempat yang bereputasi internasional.

Hanya saja katanya, masih ada dosen yang enggan dan malas melakukan penelitian dan pengabdian, apalagi memiliki jurnal yang pereputasi. Sebagai pimpinan perguruan tinggi, mengaku sudah cukup banyak melakukan upaya mendorong para dosen, bahkan universitas siap memberikan pembiayaan penelitian, termasuk membiayai penerbitan publikasi jurnal.

“Upaya sudah cukup banyak, dan perlu diketahui bahwa motivasi terbaik itu adalah dari dalam diri sendiri, karena sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,”ungkapnya, sambil mengutip Alquran, Surah Ar-Ra’d ayat 11.

Kali ini, LPPM Unismuh Palu menghadirkan dua orang pemateri, masing-masing H. Nurdin S.Pdi., S.Sos., M.Com., Ph.D, dan Khaeruddin Yusuf., S.Pdi., M.Phil. kegiatan ini berlangsung sehari dan dihadiri sejumlah dosen dari delapan fakultas yang ada.

Nurdin dalam pemaparannya, lebih pada tatacara penulisan dan cara publikasi serta diselingi sharing pengalaman. AMI

Leave A Reply

Your email address will not be published.