Perekat Rakyat Sulteng.

Longki Ingatkan Jaga Keutuhan NKRI di Sulteng

18

SULTENG RAYA – Pada momentum 10 November 2019, seluruh bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Pahlawan sebagai momentum mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam memerdekan Indonesia dari penjajahan.

Sama halnya Pemerintah Pronvinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), memperingati Hari Pahlawan dengan tema Aku Pahlawan Masa Kini, di halaman Kantor Gubernur Sulteng, Ahad (10/11/2019).

Dalam sambutan Menteri Sosial yang dibacakan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, berpesan kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman.

“Para pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi nyata, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain,” katanya saat menjadi inspektur upacaya puncak peringatan Hari Pahlawan.

Momentum hari pahlawan tidak terlepas dari rentetan peristiwa merebut kemerdekaan, salah satunya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah. Kala itu, rakyat bersatu padu berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Para pahlawan dengan gagah berani mengangkat senjata mengusir pada penjajah dari tanah air nusantara. Segenap perjuangan bangsa Indonesia ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa.

Guna melestarikan semangat kepahlawanan itu,  Gubernur Longki, berharap masyarakat Sulteng menorehkan prestasi diberbagai bidang keilmuan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membuat harum nama bangsa di mata internasional.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita memaknai hari pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” harapnya. RAF

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.